Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Motivasi Manajemen, Kompetensi Internal Auditor, Good Corporate Governance, Dan Firm’S Characteristic Terhadap Praktik Creative Accounting Dengan Corporate Ethical Value Sebagai Variabel Pemoderasi


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi manajemen, kompetensi internal auditor, good corporate governance, dan firm’s ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4572D4572Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4572
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi manajemen, kompetensi internal auditor, good corporate governance, dan firm’s characteristic terhadap praktik creative accounting. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah corporate ethical value dapat memperlemah motivasi manajemen dalam mempengaruhi praktik creative accounting, apakah corporate ethical value dapat memperkuat kompetensi internal auditor dalam mengurangi terjadinya praktik creative accounting, dan apakah corporate ethical value dapat memperkuat pengaruh good corporate governance terhadap praktik creative accounting.
    Analisis deskriptif dan verifikatif dilakukan terhadap 59 perusahaan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Dengan menggunakan metode analisis SEM-PLS, diperoleh hasil sebagai berikut: 1)Motivasi manajemen berpengaruh positif terhadap praktik creative accounting. 2). Penelitian ini tidak menemukan bukti bahwa kompetensi internal auditor berpengaruh terhadap praktik creative accounting. 3). Good Corporate Governance tidak berpengaruh negatif terhadap praktik creative accounting. Hal ini menunjukkan bahwa praktik GCG yang baik merupakan instrumen yang efektif untuk mengurangi terjadinya creative accounting, 4). Size tidak berpengaruh terhadap praktik creative accounting. 5). Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh negatif terhadap praktik creative accounting. 6). Corporate Ethical Value memperlemah pengaruh motivasi manajemen terhadap praktik creative accounting. 7). Corporate Ethical Value tidak memperkuat pengaruh kompetensi internal auditor terhadap praktik creative accounting. 8). Corporate Ethical Value tidak memperkuat pengaruh good corporate governance terhadap praktik creative accounting.
    Kata Kunci: Motivasi Manajemen, Kompetensi Internal Auditor, GCG, Firm’s Characteristic, Corporate Ethical Value, Praktik Creative Accounting

    ABSTRACT
    This study aims to determine the effect of motivation management, internal auditor’s competence, good corporate governance, and firm’s characteristic on creative accounting practice. In addition, this study also aims to determine whether corporate ethical value reduce the motivation of management on creative accounting practice, whether corporate ethical value strengthen the competence of internal auditors in reducing the practice of creative accounting, and whether corporate ethical value strengthen the effect of good corporate governance on creative accounting practice.
    Data of 59 state-owned interprises in Indonesia which obtained of simple random sampling were analyzed. By using Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS), the results are as follows: 1) Management motivation influenced on creative accounting practice positively. 2). This study found no evidence that internal auditor competence influence the practice of creative accounting. 3). Good Corporate Governance had no effect on creative accounting practice negatively. 4). Size didn’t affect the creative accounting practice. 5). Debt to Equity Ratio (DER) didn’t affect the creative accounting practice 6).Corporate ethical value reduced the influence of management motivation to creative accounting practice. 7). Corporate ethical value didn’t strengthen the influence of the internal auditor’s competence on creative accounting practice. 8). Corporate ethical value didn’t strengthen the influence of good corporate governance on creative accounting practice.
    Keywords: Management Motivation, Competence of Internal Auditor, GCG, Firm's Characteristic, Corporate Ethical Value, Creative Accounting Practice.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi