Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Strategi Perusahaan, Implementasi Sistem Manajemen Lingkungan Terhadap Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Serta Dampaknya Pada Inovasi Perusahaan


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memverifikasi pengaruh ukuran perusahaan, strategi perusahaan dan implementasi sistem manajemen lingkungan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4573D4573Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4573
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memverifikasi pengaruh ukuran perusahaan, strategi perusahaan dan implementasi sistem manajemen lingkungan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan serta dampaknya terhadap inovasi perusahaan. Metodologi penelitian mengacu pada teori-teori dan penelitian terdahulu dalam rangka memecahkan masalah penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan inovasi perusahaan di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdapat di Kabupaten Bekasi dan Karawang. Berdasarkan metode pemilihan sampel secara acak, kuesioner didistribusikan ke 300 perusahaan dengan tingkat pengembalian 20,33%. Untuk analisis menggunakan software statistik SEM PLS.
    Hasil penelitian menemukan bukti empirik bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan berpengaruh terhadap inovasi perusahaan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi penerapan akuntansi manajemen lingkungan yaitu strategi perusahaan dan implementasi sistem manajemen lingkungan. Ukuran perusahaan menunjukkan tidak berpengaruh terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan. Temuan hasil penelitian menyarankan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan akan meningkat apabila perusahaan meningkatkan implementasi sistem manajemen lingkungan dan strategi hijau.
    Temuan hasil penelitian menyarankan bahwa permasalahan penerapan akuntansi manajemen lingkungan dapat maksimal dilakukan apabila perusahaan fokus pada pencatatan dan pelaporan aktivitas fisik dan moneter aktivitas lingkungan. Perusahaan harus menginternalisasikan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan ke dalam kebijakan perusahaan. Inovasi perusahaan akan meningkat apabila manajemen menerapkan akuntansi manajemen lingkungan yang menstimulus munculnya inovasi yang ramah lingkungan.
    Kata kunci : ukuran perusahaan, strategi perusahaan, implementasi sistem manajemen lingkungan dan penerapan akuntansi manajemen lingkungan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi