Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

"Transformasi Organisasi Pada Pt. Kereta Api Indonesia"


Penelitian ini didasarkan pada pengalaman PT. KAI Persero melakukan transformasi dalam rangka menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki kondisi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4609D4609Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4609
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini didasarkan pada pengalaman PT. KAI Persero melakukan transformasi dalam rangka menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh konsep baru guna pengembangan ilmu Administrasi Publik dan mendapatkan gambaran secara utuh dan menyeluruh pelaksanaan transformasi organisasi di PT. Kereta Api Indonesia. Kerangka acuan untuk menganalis pelaksanaan transformasi organisasi yang digunakan peneliti adalah teori dari Francis J. Gouillart dan James N. Kelly (1995) dengan menggunakan pendekatan Reframe, Restructure, Revitalize dan Renewal.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis Data yang digunakan adalah analisis Data Spiral dari Cresswel (2013).
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Reframing dilakukan denga merubah fokus perhatian dari product oriented menjadi customer oriented. 2)Restructure telah dijalankan secara bertahap, dengan menambahkan dan memisahkan fungsi ke dalam unit yang berdiri sendiri agar lebih fokus dan terinci, 3)Revitalize dengan memberikan penguatan pada SDM melalui perbaikan sistem reward dan sistem rekruitmen pegawai, mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana dengan cara memperbaiki sistim perawatan, mengoptimalkan pemanfaat aset-aset milik perusahaan menjadi bisnis baru.
    Temuan dalam penelitian ini restrukturisasi pada PT. KAI tidak menyebabkan downsizing pada struktur. Konsep baru yang dihasil adalah Harmonisasi.
    Kata Kunci :Reframe, Restructure, Revitalize, Renewal, Transformasi Organisasi

    ABSTRACT
    This study is based on the experience of PT. KAI Persero perform transformation in order to solve problems and improve the condition of the company. This study aims to obtain a new concept for the development of public administration science and get a complete picture and comprehensive implementation process of organizational transformation in PT. KeretaApi Indonesia. The terms of reference for analyzing the implementation process of organizational transformations used by researchers are the theories of Francis J. Gouillart and James N. Kelly (1995) using the Reframe, Restructure, Revitalize and Renewal approaches.
    This research uses qualitative approach with descriptive qualitative research method. The data needed in the research is obtained by interview, observation and documentation study. Data Analysis used is Spiral Data analysis from Cresswel (2013). The results of this study indicate that 1) Reframing is done by changing the focus of attention from product oriented to customer oriented. 2) Restructure has been run gradually, by adding and separating the functions into stand-alone units to be more focused and detailed, 3) Revitalize by providing reinforcement on Human Resources through improvement of reward system and employee recruitment system, optimizing the use of facilities and infrastructure by improving Maintenance system, optimizing the use of company's assets into a new business. New Concept from this Research is Harmonize.
    Keywords: Reframe, Restructure, Revitalize, Renewable, Organization Transformation
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi