Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Implementasi Kebijakan Pengangkatan Tenaga Honorer Untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil


Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kebijakan
Pengangkatan Tenaga Honorer untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil
(Studi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4620D4620Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4620
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kebijakan
    Pengangkatan Tenaga Honorer untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil
    (Studi Kasus Pengangkatan Tenaga Honorer Kategori 2 Pada Bidang
    Pendidikan Di Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan)
    yang dilatarbelakangi oleh adanya berbagai permasalahan keberadaan
    tenaga Honorer di Instansi Pemerintah yang dalam proses pengangkatannya
    (Tenaga Honorer menjadi CPNS) di Indonesia selalu menjadi polemik dan isu
    nasional. Dalam pelaksanaan (implementasi)nya masih ditemukan
    ketidaksesuaian. Pola pengangkatan tenaga honorer masih diwarnai oleh
    kebijakan politis, ‘family system’, serta janji politik dari Kepala Daerah dan
    Anggota Legislatif serta rawan adanya berbagai penyimpangan yang tidak sesuai
    dengan semangat reformasi birokrasi, serta tidak berbasis pada keahlian atau
    kompetensi secara menyeluruh.
    Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Van Meter dan Van Horn
    (1975) yang mengemukakan 6 (enam) faktor yang menentukan keberhasilan suatu
    implementasi kebijakan khususnya dalam kaitannya dengan Pengangkatan Tenaga
    Honorer Menjadi Calon PNS. Keenam faktor tersebut adalah standar dan sasaran
    kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi, karakteristik organisasi
    pelaksana, kondisi ekonomi, lingkungan sosial dan politik dan disposisi (sikap)
    para pelaksana.
    Penelitian ini mengkhususkan pada implementasi pengangkatan tenaga
    honorer menjadi CPNS di bidang pendidikan yang berlokasi di Kabupaten Ogan
    Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian menggunakan metode
    kualitatif dengan mengumpulkan dan mengolah data primer (hasil wawancara
    dengan informan yang relevan) dan data sekunder (berupa laporan tertulis,
    peraturan perundang-undangan serta karya-karya tulis yang mendukung data
    primer). Data diolah dengan tahapan validasi data dan penafsiran data, dan
    dianalisis dengan teknik triangulasi data (reduksi, penyajian dan penarikan
    kesimpulan).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan
    pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS pada bidang pendidikan di
    Kabupaten Ogan Komering Ilir belum sepenuhnya mendukung terhadap
    keberhasilan pencapaian tujuan dari pengangkatan tersebut. Dari 6 (enam) faktor
    Implementasi kebijakan, 3 (tiga) faktor, yakni standar dan sasaran kebijakan,
    sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana telah dilaksanakan dengan baik,
    Sedangkan faktor lainnya; komunikasi antar organisasi, sikap para pelaksana,
    serta lingkungan sosial, ekonomi dan politik belum dilaksanakan sebagaimana
    mestinya.

    Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Tenaga Honorer, Merit System, Pegawai
    Negeri Sipil


    ABSTRACT

    This study is conducted to discuss about the Implementation of the
    Recruitment Policy of Temporary Employees to be Civil Servant Candidates (A
    Case Study of the Recruitment of Temporary Employees 2nd Category to be Civil
    Servant Candidates in the field of Education in The Komering Ilir Regency, South
    Sumatra Province). The background of this research was that there were many
    problems still found regarding temporary employees as well as the recruitment
    process in the government institutions. The recruitment process of temporary
    employees to be Civil servant candidates has always been a national issue and
    polemic. Its implementation is often polluted by collusion and nepotism. The
    pattern of the temporary employees recruitment often influenced by political
    discretion, ‘family system’, sectoral ego, commercialization and as part of
    fulfilling political promises from the executive (head of regencies, mayors, etc)
    and legislative members as well. Technically, the careless and reckless
    recruitment showed that it is not suitable according to the spirit of bureaucratic
    reformation and is not based on competencies and expertise.
    In this study, the researcher applied the Implementation Theory of Van
    Meter and Van Horn (1975) whom had stated 6 (six) factors which determined the
    success of policy implementation, specifically the Recruitment of Temporary
    Employees to be Civil Servant Candidates. Those six factors are; standards and
    objectives, resources, interorganizational communication and enforcement,
    characteristics of the implementing agencies, economic, social and political
    conditions and the disposition of implementors.
    This research is being specific on the implementation of the recruitment
    policy of temporary employees to be civil servant candidates in the field of
    education located in the Ogan Komering Ilir Regency, South Sumatra Province.
    The study applied qualitative method and collecting primary datas (interview
    results from relevant and purposively appointed informants) and secondary datas
    (written reports, legislations and regulations which supporting the primary
    datas). Questions in the interview were compiled referring to the theory of
    implementation from Van Meter and Van Horn (1975). Datas were processed in
    two stages (data validation and data interpretation). Analysis were using the data
    triangulation technique (reduction, presentation and withdrawing conclusions).
    The results of the study showed that the implementation of recruitment
    policy of temporary employees to be civil servant candidates in the field of
    education in Ogan Komering Ilir Regency has not yet fully and succesfully
    supported the objectives of the recruitment itself. Out of 6 (six) factors of the
    policy implementation, there are three factors in which have been running
    according to the theory, namely standards and objectives, resources and the
    characteristics of the implementing agencies. The other three, which are;
    interorganizational communication and enforcement, economic, social and
    political conditions and the disposition of implementors haven’t yet going
    according to the guideliness and Implementation Theory mentioned above.

    Keywords : Policy Implementation, Temporary Employees, merit system, Civil
    Servant
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi