Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Strategi Pemenangan Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA)


Kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam Pilkada Kota
Bandung 2013 telah melahirkan berbagai penelitian ilmiah dalam berbagai

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4630D4630Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4630
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam Pilkada Kota
    Bandung 2013 telah melahirkan berbagai penelitian ilmiah dalam berbagai
    dimensinya. Fenomena ini menjadi unik dan menarik untuk dikaji, terutama
    tentang strategi pemenangan politik pasangan RK-Oded sehingga pasangan ini
    mampu mengalahkan incumbent dan pasangan lainnya (7 paslon lainnya) dengan
    perolehan suara 45,24% dalam satu putaran. Oleh karena itu, penelitian ini
    mengambil judul: "Strategi Pemenangan Politik Dalam Pemilihan Kepala
    Daerah: Studi kasus Kemenangan Ridwan Kamil - Oded M. Danial pada
    Pilkada Kota Bandung Tahun 2013”.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1)
    Strategi Pemenangan Politik yang dilakukan tim kampanye RK-Oded untuk
    memenangkan Pilwalkot Kota Bandung 2013; (2) Strategi marketing politik,
    Strategi komunikasi politik, dan model kampanye mutahir; yang dilakukan
    Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam mempengaruhi dan merebut simpati
    publik sehingga mereka menjatuhkan pilihan kepada pasangan RK-Oded dalam
    Pilkada Kota Bandung 2013; (3) Langkah-langkah strategis dan kondisi apa
    sajakah yang dilakukan oleh Partai koalisi pengusung pasangan RK-Oded Danial
    yang terwadahi dalam tim kampanye dan tim sukses dalam proses memenangkan
    pasangan RK-Oded dalam Pilkada Kota Bandung 2013.
    Sehubungan penelitian ini akan dilakukan dengan studi kasus, yang akan
    mediskripsikan secara mendalam tentang fokus penelitian ini, maka metodologi
    yang tepat adalah secara metode Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan studi
    kasus. Pengambilan data akan dilakukan berdasarkan kelompok data primer dan
    data sekunder, melalui informan yang digali dan di observasi secara mendalam,
    serta di analisis secara konstruktif dan menghasilkan suatu kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tim kampanye RK-Oded telah
    berhasil (1) mengekplorasi aspek kreativitas di dalam memasarkan visi, misi, ide
    dan program, serta optimalisasi mesin politik PKS dan Gerindra Kota Bandung
    dan diperkuat oleh para relawan; (2) menerapkan strategi “menyembunyikan
    simbol partai” dalam kampanye, dengan lebih mengedepankan figur dan
    ketokohan para kandidat. (3) Ridwan Kamil dan Oded melakukan komunikasi
    politik ke semua level dengan mengembangkan politik pencitraan melalui media
    sosial seperti twitter, Faceboook, Line, Instagram dll. (4) Penerapan teknik
    marketing politik untuk mengambil hati para pemilih di Kota Bandung melalui
    pendekatan-pendekatan yang mengacu kepada Mix Marketing yaitu yang dikenal
    dengan istilah 4Ps (Product, Promotion, Price dan Place), ditambah dengan
    strategi marketing politik syariah Islam yang bercirikan Rabbaniyah,
    Akhlaqiyyah, Alwaqiiyah dan Insaniyah.
    Kata kunci: Strategi Mix-Marketing Politik (konsep syariah), Strategi
    Komunikasi Politik, dan Model Kampanye Mutahir.
    vi
    ABSTRACT
    The winning of Ridwan Kamil and Oded M. Danial in Bandung Mayoral
    Election of 2013 had encouraged many scientific studies conducted in different
    dimensions. It is a unique and interesting phenomenon to study, mainly on the
    politic strategy of the pair of RK-Oded by which it was able to defeat the
    incumbent and other pairs (7 other pairs) by obtaining 45,24% of the vote only in
    one round. Therefore, the title of this research is: “ Political Strategy in the
    Election Winning : Case Study of M. Ridwan Kamil And Oded Danial Winning in
    Bandung Mayor Election of 2013”
    The objectives of this study were to find out and analysis the followings: (1)
    The political strategy conducted by the campaign team of RK-Oded to win the
    Bandung Mayoral Election of 2013; (2) The political marketing strategy,
    political communication strategy, and advanced campaign model conducted by
    Ridwan Kamil and Oded M Danial in influencing and seizing public sympathy as
    they voted for RK-Oded pair in Bandung Mayoral Election of 2013; (3) The
    strategic movements and conditions conducted by the coalition political parties
    in the campaign and supporting teams in the process of winning the Bandung
    Mayoral Election of 2013 for RK-Oded Pair.
    As this study was conducted by using a case study, which will make an indepth description on the focus of the study, the appropriate methodology used for
    this study was Descriptive-Qualitative with a case study approach. The data were
    collected based on the classification of primary and secondary data, through the
    informants who were asked and observed deeply, and were analyzed
    constructively which eventually resulted in a conclusion.
    Based on the results of this study, it can be concluded that the Campaign
    Team of RK-Oded pair had successfully conducted the following strategies; (1)
    exploring the aspect of creativity in marketing the visions, missions, ideas and
    programs of RK-Oded pair, as well as optimizing the political machine of PKS
    and Gerindra of Bandung City and was supported by the volunteers; (2)
    implementing the strategy “hiding the symbols of political parties” in the
    campaign, by having more emphasis on the figures and personalities of the
    candidates; (3) Ridwan Kamil and Oded conducted political communication to
    all levels of community by developing the political imaging through social media,
    such as, Twitter, Facebook, Line, Instagram, etc.; (4) Implementing the political
    marketing technique to seize the sympathy of the voters in Bandung City through
    some approaches referred to Mix Marketing as known as 4Ps (Product,
    Promotion, Price, and Place), added by some Islamic Political Marketing
    strategy characterized by Rabbaniyah, Akhlaqiyyah, Alwaqiiyah, and Insaniyah.
    Keywords: Political Strategies Marketing Mix (this concept), Political
    Communication Startegies and Capaigns Models up to date
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi