Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Penggunaan Dana Desa Di Kabupaten Garut Tahun 2015 – 2017


Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Penggunaan Dana Desa Di Kabupaten Garut Tahun 2015 – 2017 ini dilatarbelakangi; ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4648D4648Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4648
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Penggunaan Dana Desa Di Kabupaten Garut Tahun 2015 – 2017 ini dilatarbelakangi; Sebahagian besar pelaksana kebijakan kurang memahami isi pesan kebijakan penggunaan Dana Desa, minimnya sosialisasi isi pesan kebijakan, prilaku penyelewengan penggunaan Dana Desa, Penggunaan anggaran yang tidak sesuai rencana, dan realisasi penggunaan Dana Desa masih digunakan selain pada bidang yang diprioritaskan.
    Penelitian ini bertujuan menganalisis Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Penggunaan Dana Desa Di Kabupaten Garut Tahun 2015 – 2017. Konsep teori yang digunakan sebagai rujukan penelitian adalah menurut Malcolm L. Goggin et. al (1990), yang menguraikan faktor terkait dalam Implementasi kebijakan yaitu The content of the policy message, The form of the policy message, dan The reputation of the communicators. Pembahasan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Deskriptif interpretatif, dengan unit analisis adalah lembaga. Pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi partisipatif, dan wawancara tidak berstruktur. Sedangkan analisis data terdiri dari Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan.
    Hasil penelitian pada faktor The content of the policy message menunjukkan pelaksana kebijakan masih terbatas memahami aturan, prosedur, dan mekanisme kebijakan penggunaan Dana Desa; Penggunaan Dana Desa memberi dampak ekonomi dan psikologis bagi masyarakat dan pembangunan; Partisipasi warga bersifat motivatif, akses terbatas dan memanfaatkan peran tokoh masyarakat; dan adanya dukungan lingkungan ekonomi, sosial, politik, dan geografis. Kemudian faktor The form of the policy message menunjukkan kejelasan tujuan dan sasaran kebijakan penggunaan Dana Desa namun pelaksana kebijakan belum memahami dengan tepat tujuan dan sasaran kebijakan; Kebijakan pembangunan Desa belum selaras dengan RPJM Daerah; Strategi mengkomunikasikan pesan kebijakan penggunaan Dana Desa cenderung dilakukan secara formal dan digerakkan melalui saluran komunikasi kelembagaan; penerimaan dan dukungan pelaksana kebijakan terhadap kebijakan penggunaan Dana Desa dipengaruhi cara pandang, nilai-nilai individu dan institusi. Selanjutnya faktor The reputation of the communicators menunjukkan kompetensi pelaksana masih terbatas pada tingkat memahami isi kebijakan dan kurang mampu mengaplikasikannya; memiliki komitmen yang beragam; Selaku Penguasa Anggaran Kepala Desa mendominasi peran menentukan penggunaan Dana Desa dan mengendalikan kegiatan TPK; Transparansi pelaksana belum memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan informasi lengkap penggunaan Dana Desa; Kepercayaan masyarakat ditentukan berdasarkan manfaat dan kepuasan masyarakat; Kerjasama antar pelaksana belum berorientasi untuk mencapai tujuan kebijakan secara efektif.

    Kata kunci : Implementasi, Kebijakan Pemerintah Daerah, Penggunaan Dana Desa
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi