Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Model Penguatan Reputasi Perusahaan Di kawasan Industri


Bisnis industri manufaktur di kawasan industri Jawa Barat memberikan kontribusi pada berbagai bidang dalam pertumbuhan industri nasional. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4665D4665Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4665
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Bisnis industri manufaktur di kawasan industri Jawa Barat memberikan kontribusi pada berbagai bidang dalam pertumbuhan industri nasional. Perkembangan perusahaan di kawasan industri Jawa Barat mengalami fluktuasi mengingat berbagai kendala dan keterbatasan yang dihadapi. Hal ini ditandai dengan terjadinya pengurangan tenaga kerja akibat penurunan bisnis perusahaan bahkan terdapat beberapa perusahaan yang menutup operasional perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa kondisi bisnis perusahaan di kawasan industri masih belum optimal. Reputasi sebagai dampak identitas perusahaan yang disolusi oleh tanggung jawab sosial perusahaan, kapabilitas dinamik dan tata kelola perusahaan pada tiga kawasan industri terbaik di Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian eksploratif, eksplanatori dan konfirmatori. Unit yang diobservasi berjumlah 304 perusahaan di kawasan industri Jababeka, MM2100 dan KIIC di Jawa Barat. Data eksploratori dianalisis melalui analisis skoring, adapun untuk data eksplanatori dianalisis dengan structural equation modeling, dan kedua data dikonfirmatori untuk memperoleh model akhir dari penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkap suatu model terintegrasi yang awalnya fragmented menjadi “Model Penguatan Reputasi Perusahaan di Kawasan Industri”. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan kepada perusahaan di kawasan industri Jawa Barat untuk memperkuat reputasi perusahaan melalui pengembangan produk dan layanan terbaru sebagai dampak identitas perusahaan sebagai upaya pengembangan nilai lokasi dan nilai merek. Selain itu, penguatan reputasi dan identitas perusahaan disolusi oleh tanggung jawab sosial perusahaan pada dimensi lingkungan melalui perbaikan kualitas pendidikan dan program pengentasan kemiskinan, didukung kapabilitas dinamik perusahaan pada dimensi identifikasi peluang dan ancaman melalui komitmen dalam melakukan tolok ukur, dan didorong tata kelola perusahaan pada dimensi independen sebagai upaya untuk menghindari intervensi dan dominasi pihak lain.

    Kata kunci: Tanggung Jawab Perusahaan, Kapabilitas Dinamik, Tata Kelola Perusahaan, Identitas Perusahaan, Reputasi Perusahaan.

    ABSTRACT

    Business in manufacturing industry at West Java industrial estate contributed to various fields on national industrial growth. The development of companies in West Java industrial estate experienced fluctuations given various constraints and limitations faced. This was marked by a reduction in labor due to decline in company's business and there were even several companies that closed the company's operations. This indicates that company's business condition in industrial estate is still not optimal. Reputation as impact of corporate identity dissolved by corporate social responsibility, dynamic capabilities and corporate governance in three best of industrial estates in West Java. The method used in this study is combination of exploratory, explanatory and confirmatory research. The units observed were 304 companies in Jababeka, MM2100 and KIIC industrial estates in West Java. Exploratory data were analyzed through scoring analysis, as for explanatory data analyzed by structural equation modeling, and both data were confirmed to obtain the final model of this study. The results of this study revealed an integrated model that was initially fragmented into "Strengthening the Reputation Model of Companies in Industrial Estate". Based on findings of this study, it was suggested to companies in West Java industrial estate to strengthen company's reputation through development of latest products and services as result of company's identity as an effort to develop location value and brand value. In addition, strengthening reputation and corporate identity is dissolved by corporate social responsibility in environmental dimension through improving quality of education and poverty alleviation programs, supported by company's dynamic capabilities in the dimensions of identifying opportunities and threats through commitment in benchmarking, and driven by corporate governance in dimensions independent as an effort to avoid intervention and domination of other parties.

    Keywords: Corporate Responsibility, Dynamic Capabilities, Corporate Governance, Corporate Identity, Corporate Reputation, Industrial Estate
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi