Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

"PENGELOLAAN EKOWISATA DI KAWASAN PULAU HARAPAN, TAMAN NASIONAL KEPULAUAN SERIBU "


Penelitian mengenai pengelolaan ekowisata di Kawasan Pulau Harapan, Taman Nasional Kepulauan Seribu ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengelolaan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    TM579TM579Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    TM579
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 143hlm.; 29cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian mengenai pengelolaan ekowisata di Kawasan Pulau Harapan, Taman Nasional Kepulauan Seribu ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengelolaan ekowisata yang sesuai dengan kondisi lingkungan serta dapat mendukung kegiatan konservasi di Kawasan Pulau Harapan, Taman Nasional Kepulauan Seribu. Metode yang digunakan adalah dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif dalam dominant-less dominant design, dimana metode kualitatif sebagai metode yang dominan dan metode kuantitatif sebagai metode yang kurang dominan (Creswell, 2003). Data yang diterima terkait kondisi pemanfaatan sumberdaya alam dalam kegiatan wisata, bentuk pengelolaan pemanfaatan wisata, dampak-dampak dari kegiatan wisata, serta persepsi stakeholder terkait kegiatan wisata tersebut, selanjutnya dianalisis melalui analisis pengelolaan ekowisata dengan menggunakan Analisis SWOT untuk mengetahui posisi dan strategi pengelolaan ekowisata di Kawasan Pulau Harapan.
    Berdasarkan analisis pengelolaan ekowisata yang digambarkan dalam diagram Startegic Base Line, Kawasan Pulau Harapan memiliki gambaran kondisi kekuatan dan peluang yang cukup baik bila dibandingkan dengan faktor kondisi kelemahan dan ancaman terkait dengan kondisi pemanfaatan wisata di Kawasan Pulau Harapan. Selain itu secara bobot dan nilai pada aspek kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (treats) tekait kondisi pemanfaatan dan pengelolaan wisata di Kawasan Pulau Harapan masuk dalam kuadran I dengan nilai x (0,500) dan nilai y (0,425). Dengan posisi kuadran tersebut Kawasan Pulau Harapan berada dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan peningkatan kualitas pengelolaan serta pemanfaatan wisata secara berkelanjutan.
    Rekomendasi strategi pengelolaan ekowisata yang dilandasi oleh prinsip ekowisata dan hasil analisis dari kondisi aktual di Kawasan Pulau Harapan yaitu pengelolaan kolaboratif, peningkatan partisipasi masyarakat, penerapan pengelolaan pengunjung, penguatan unsur regulasi, serta peningkatan kualitas fasilitas pemanfaatan wisata.


    Kata kunci: Pengelolaan Ekowisata, Taman Nasional, Pulau Harapan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi