Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

PENGARUH KOMITMEN PADA ORGANISASI, EFEKTIFITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN KOMPETENSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI (Survey Pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia)


ABSTRAK
Sistem informasi akuntansi merupakan sistem informasi yang utama bagi suatu organisasi dan berfungsi menyediakan informasi yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4688D4688Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4688
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Sistem informasi akuntansi merupakan sistem informasi yang utama bagi suatu organisasi dan berfungsi menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna untuk pengambilan keputusan. Melalui sistem informasi akuntansi yang berkualitas dihasilkan informasi yang berkualitas sehingga bermanfaat bagi pengguna. Dalam kenyataannya, terjadi fenomena belum berkualitasnya sistem informasi akuntansi yang diterapkan oleh organisasi di berbagai sektor di Indonesia sehingga berdampak pada belum berkualitasnya informasi akuntansi yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh komitmen pada organisasi, efektifitas sistem pengendalian intern, dan kompetensi pengguna terhadap kualitas sistem informasi akuntansi dan dampaknya terhadap kualitas informasi akuntansi.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yang bersifat explanatory research atau kausalitas. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia. Adapun unit observasi dalam penelitian ini adalah divisi akuntansi dan operasional pada BPD di Indonesia, sedangkan responden penelitian ini adalah kepala beserta staf divisi akuntansi dan operasional pada BPD di Indonesia. Dalam rangka pengumpulan data primer, kuesioner disebarkan kepada divisi akuntansi dan operasional dari 24 Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan SEM PLS.
    Hasil penelitian memberikan bukti empiris bahwa pada tingkat signifikansi sebesar 5%, komitmen pada organisasi tidak berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi, sementara efektifitas sistem pengendalian intern dan kompetensi pengguna berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi dan kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kualitas informasi akuntansi.
    Kata kunci: Komitmen Pada Organisasi, Efektifitas Sistem Pengendalian Intern, Kompetensi Pengguna, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Kualitas Informasi Akuntansi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi