Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Kompetensi Pengguna, Komitmen Manajemen Puncak, Dan Penggunaan Sistem Informasi Terhadap Kualitas Informasi Serta Dampaknya Terhadap Optimalisasi Pengambilan Keputusan Manajemen


ABSTRAK

Kualitas informasi merupakan hal yang sangat penting dalam pengambilan sebuah keputusan. Manajemen membutuhkan sistem ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4737D4737Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4737
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Kualitas informasi merupakan hal yang sangat penting dalam pengambilan sebuah keputusan. Manajemen membutuhkan sistem informasi untuk dalam pengambilan keputusan. Dalam konteks pengelolaan SPBU, kualitas informasi dan pengambilan keputusan manajemen dapat dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kompetensi pengguna, komitmen manajemen puncak dan manfaat atas penggunaan sistem informasi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi pengguna, komitmen manajemen puncak, dan manfaat penggunaan sistem informasi terhadap kualitas informasi dan pengambilan keputusan manajemen SPBU.
    Penelitian ini merupakan penelitian survei. Survei dilakukan pada level manajemen pada pengelola SPBU di Pulau Jawa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen kuesioner yang dilengkapi dengan wawancara tatap muka, dan kegiatan kelompok diskusi terpumpun yang melibatkan 235 responden pada SPBU di Pulau Jawa. Data dianalisis secara deskriptif dan verifikatif. Analisis verifikatif menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan bantuan alat statistik Lisrel 8.8.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa komitmen manajemen puncak tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas informasi SPBU, namun terhadap pengambilan keputusan manajemen memberikan pengaruh positif, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan kompetensi pengguna dan penggunaan sistem informasi SPBU memberikan pengaruh yang signifikan positif terhadap kualitas informasi SPBU dan kualitas pengambilan keputusan manajemen baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa informasi SPBU yang berkualitas mampu menghasilkan pengambilan keputusan yang berkualitas bagi manajemen.
    Kata Kunci: Kompetensi Pengguna, Komitmen Manajemen Puncak, Penggunaan Sistem Informasi, Pengambilan Keputusan.

    ABSTRACT

    The quality of information is very important in making a decision. Management requires an information system for decision making. In the context of SPBU’s management, the quality of information and management decision making can be influenced by three factors namely user competence, top management commitment and the benefits of using the information system. This study aims to examine the effect of user competence, top management commitment, and the benefits of using information systems on the information quality and decision making in SPBU’s management.
    This study is a survey research. The survey was conducted at the management level at the SPBU’s manager in Java. The research data were collected through a questionnaire instrument that was supplemented by face-to-face interviews, and focus group discussion activity involving 235 respondents at SPBU office in Java. Data were analyzed descriptively and verification method. Verification analysis uses the Structural Equation Modeling (SEM) approach using Lisrel 8.8 statistical tools.
    The results showed, that the top commitment did not significantly influence the quality of gas station information, but that management decision-making had a positive effect, both directly and indirectly. While user competency and the use of gas station information systems have a significant positive effect on the quality of gas station information and the quality of management decision-making both directly and indirectly. The results of this study also prove that quality gas station information is capable of producing quality decision making for management.

    Keywords: User Competence, Top Management Commitments, The use of Information Systems, Decision Making.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi