Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah Dan Kualitas Laporan Keuangan, Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Serta Implikasinya Pada Pemberian Kredit Bank (Studi Pada Ukm Di Jabotabek Yang Mendapat Kredit Dari Bank Negara Indonesia 1946)


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan yang baik, implementasi standar akuntansi keuangan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4741D4741Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4741
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan yang baik, implementasi standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah dan kualitas laporan keuangan, terhadap kinerja usaha kecil dan menengah serta implikasinya pada pemberian kredit bank. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Kecil dan Menengah di JABOTABEK yang mendapat kredit dari Bank Negara Indonesia 1946. Jumlah pengamatan sebanyak 300 Usaha Kecil dan Menengah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model-SEM berbasis Linear Structural Relationship-LISREL.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan yang baik, implementasu standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah, dan kualitas laporan keuangan, berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kinerja usaha kecil dan menengah. Selanjutnya kinerja usaha kecil dan menengah dan implementasi standar akuntansi keuangan usaha kecil dan menengah berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap pemberian kredit bank, sedangkan tata kelola perusahaan yang baik dan kualitas laporan keuangan tidak berpengaruh secara langsung terhadap pemberian kredit bank. Hal ini menunjukan bahwa Bank sebagai pihak pemberi kredit belum meyakini bahwa usaha kecil dan menengah mampu melaksanakan tata kelola perusahaan dengan baik serta mampu menyajikan laporan keuangan seperti yang diharapkan oleh Bank, sebagai pertimbangan dalam memutus pemberian kredit.
    Tata kelola perusahaan yang baik, implementasi standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah, serta kualitas laporan keuangan secara tidak langsung (melalui kinerja usaha kecil dan menengah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemberian kredit Bank. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya tata kelola perusahaan yang baik dan kualitas laporan keuangan, dan dengan menerapan standar akuntansi yang benar, akan sangat mempengaruhi dalam pemberian kredit Bank, terutama dengan peningkatan kinerja usahanya. Dan
    kondisi ini harus terus didorong agar permasalahan permodalan yang selama ini dihadapi oleh usaha kecil dan menengah, dalam mengembangankan usahanya, segera dapat diatasi.

    Kata Kunci: Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Implementasi Standar Akuntansi Keuangan UKM, Kualitas Laporan Keuangan, Kinerja UKM, Pemberian Kredit Bank.

    ABSTRACT

    This study aims to examine the effect of good corporate governance, the implementation of financial accounting standards for micro, small and medium enterprises and the quality of financial reports, on the performance of small and medium enterprises and their implications for bank lending. This research was conducted at Small and Medium Enterprises in JABOTABEK which received credit from Bank Negara Indonesia 1946. The number of observations was 300 Small and Medium Enterprises. The analysis technique used in this research is Structural Equation Model-SEM based on Linear Structural Relationship-LISREL.
    The results showed that good corporate governance, implementation of financial accounting standards for micro, small and medium enterprises, and the quality of financial reports, have a direct and significant effect on the performance of small and medium enterprises. Furthermore, the performance of small and medium enterprises and the implementation of financial accounting standards for small and medium enterprises have a direct and significant effect on bank lending, while good corporate governance and the quality of financial reports have no direct effect on bank lending. This shows that the Bank as the credit provider does not yet believe that small and medium enterprises are capable of implementing good corporate governance and are able to present financial reports as expected by the Bank, as a consideration in deciding credit extension.
    Good corporate governance, the implementation of financial accounting standards for micro, small and medium enterprises, as well as the quality of financial reports indirectly (through the performance of small and medium enterprises) have a positive and significant effect on bank lending. This shows that actually good corporate governance and the quality of financial reports, and by applying correct accounting standards, will greatly affect the provision of bank credit, especially by improving its business performance. And
    This condition must be continuously encouraged so that the capital problems faced by small and medium enterprises, in developing their business, can be immediately resolved.

    Keywords: Good Corporate Governance, Implementation of SME Financial Accounting Standards, Quality of Financial Statements, SME Performance, Bank Lending
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi