Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Determinan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Tridharma Perguruan Tinggi Swasta Pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Iv Jawa Barat Dan Banten


ABSTRAK

Pendidikan tinggi yang berkualitas merupakan harapan masyarakat, bangsa dan negara. Kualitas perguruan tinggi merupakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4745D4745Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4745
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Pendidikan tinggi yang berkualitas merupakan harapan masyarakat, bangsa dan negara. Kualitas perguruan tinggi merupakan cerminan dari kinerja yang dicapai oleh perguruan tinggi dalam menjalankan aktivitas yang dilakukan yakni tridharma perguruan tinggi yang merupakan kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis determinan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang terdiri dari implementasi sistem penjaminan mutu internal, implementasi sistem informasi akuntansi dan komitmen pimpinan yayasan serta implikasinya terhadap kinerja tridharma perguruan tinggi swasta. Objek penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta yang berada dibawah Lembaga Layanan Dikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten (LLDikti IV). Populasi perguruan tinggi swasta yang berada wilayah LLDikti IV sebanyak 480 perguruan tinggi, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 219 perguruan tinggi, namun data yang dianalisis sebanyak 108 perguruan tinggi. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada responden yakni pimpinan perguruan tinggi swasta di wilayah LLDikti IV. Data dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan software lisrel.
    Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh signifikan antara implementasi implementasi sistem penjaminan mutu internal dengan akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan nilai koefisien jalur sebesar – 1,32; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi sistem penjaminan mutu internal dengan kinerja tridharma perguruan tinggi dengan nilai koefisien jalur sebesar 6,41; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi sistem informasi akuntansi dengan akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan nilai koefisien jalur sebesar 10,40; (4) tidak terdapat pengaruh signifikan antara implementasi sistem informasi akuntansi dengan kinerja tridharma perguruan tinggi dengan nilai koefisien jalur sebesar – 2,33; (5) tidak terdapat pengaruh signifikan antara komitmen pimpinan yayasan dengan akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan nilai koefisien jalur sebesar 1,23; (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komitmen pimpinan yayasan dengan kinerja tridharma perguruan tinggi dengan nilai koefisien jalur sebesar 3,66; (7) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan kinerja tridharma perguruan tinggi dengan nilai koefisien jalur sebesar 6,41; (8) tidak terdapat pengaruh signifikan antara implementasi sistem penjaminan mutu internal dengan kinerja tridharma perguruan tinggi melalui akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan nilai koefisien jalur sebesar – 1,24; (9) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi sistem informasi akuntansi dengan kinerja tridharma perguruan tinggi melalui akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan nilai koefisien jalur sebesar 5,79; dan (10) tidak terdapat pengaruh signifikan antara komitmen pimpinan yayasan dengan kinerja tridharma perguruan tinggi melalui akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan nilai koefisien jalur sebesar 1,24.

    Kata kunci : perguruan tinggi, penjaminan kualitas, SIA, akuntabilitas, kinerja perguruan tinggi

    ABSTRACT

    The society, nation and country put a lot of hope on qualified higher education. The quality of higher education institutions reflects the performance they achieve in managing their activities, namely the three pillars of higher education (Tri Dharma Perguruan Tinggi): education, research, and community services.
    This research aims to examine and analyze the determinants of financial management accountability consisting of the implementation of an internal quality assurance system, the implementation of an accounting information system and the commitment of foundation leaders and their implications for the performance of the three pillars of private higher education. The objects of the research are private higher education institutions under LL Dikti IV region of West Java and Banten. The number of population of private higher education institutions in LL Dikti IV region is 480, with 219 were used in the research, and 108 were analyzed. Data was gathered through questionnaires distributed to respondents that are the head of private universities in LL Dikti IV region. Data was analyzed by structural equation modeling (SEM) with lisrel software.
    The findings of the research show that: (1) there is no significant influence between the implementation of internal quality assurance system and financial management accountability with the score of path coefficient of -1.32, (2) there is a positive and significant influence between the implementation of internal quality assurance system and the performance of Three Pillars of higher education with the score of path coefficient of 6.41, (3) there is a positive and significant influence between the implementation of accounting information system and financial management accountability with the score of path coefficient of 10.40, (4) there is no significant influence between the implementation accounting information system and the performance of three pillars of higher education with the score of path coefficient of -2.33, (5) there is no significant influence between the head of foundation’s commitment and financial management accountability with the score of path coefficient of 1.23, (6) there is a positive and significant influence between the head of foundation’s commitment and the performance of three pillars of higher education with the score of path coefficient of 3.66, (7) there a positive and significant influence between financial management accountability and the performance of three pillars of higher education with the score of path coefficient of 6.41, (8) there is no significant influence between the implementation of internal quality assurance system and the performance of three pillars of higher education through financial management accountability with the score of path coefficient of -1.24, (9) there is a positive and significant influence between the implementation of accounting information system and the performance of three pillars of higher education through financial management accountability with the score of path coefficient of 5.79, and (10) there is no significant influence between the head of foundation’s commitment and the performance of three pillars of higher education through financial management accountability with the score of path coefficient of 1.24.

    Key word : higher education, quality assurance, AIS, accountability, higher education Performance.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi