Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Karakteristik Organisasi, Karakteristik Tugas Dan Karakteristik Pengguna Terhadap Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Optimal Pimpinan (Survei Pada Pemerintah Daerah Di Jawa)


ABSTRAK

Penerapan sistem informasi akuntansi di Pemerintahan Daerah di Indonesia memang sudah berjalan namun dalam prakteknya di ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4746D4746Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4746
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Penerapan sistem informasi akuntansi di Pemerintahan Daerah di Indonesia memang sudah berjalan namun dalam prakteknya di lapangan, masih belum berjalan sempurna antara lain karena belum terintegrasi secara manyeluruh. Disamping itu masih ada pencatatan-pencatatan yang dilakukan secara manual, dimana cara seperti ini memungkinkan terjadi kesalahan pencatatan, baik saat perhitungan dan pencatatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris, apakah karakteristik organisasi, karakteristik tugas dan karakteristik pengguna berpengaruh terhadap keputusan optimal pimpinan malalui keberhasilan penerapan sistem
    Penelitian ini mengambil unit analisis seluruh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD atau Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Jawa. Target responden dari penelitian ini adalah Kepala Bidang (Kabid) dan Kepada Sub Bidang (Kasubid) Akuntansi atau sekurangnya pegawai senior bidang akuntansi di BPKAD/BPKD provinsi dan kabupaten/kota di Jawa. Dari 119 populasi yang ada, data penelitian yang berhasil dikumpulkan adalah 111 data diperoleh melalui instrumen kuesioner dan wawancara terhadap BPKAD/BPKD di seluruh wilayah Jawa. Pengambilan sampling menggunakan teknik sensus. Data dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik organisasi, karakteristik tugas dan karaakteristik pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan optimal pimpinan, baik secara langsung maupun melalui keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi. Temuan penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa semakin baik kualitas sistem informasi akuntansi akan semakin baik kualitas keputusan pimpinan di pemerintah daerah.
    Kata Kunci:
    Sistem Informasi Akuntansi, Karakteristik Organisasi, Karakteristik Tugas, Karakteristik Pengguna, Keputusan Optimal Pimpinan, Pemerintah Daerah.

    ABSTRACT

    The accounting information systems in local governments in Indonesia has already implemented. However, in practice, the implementation has not yet run perfectly. One of the reasons is because it has not been integrated. Besides that, there are still manual recordings which allow errors, both during calculation and recording. This study aims to prove empirically whether the characteristics of the organization, the characteristics of the task, and the characteristics of users affect the optimal decision of the leader through the successful implementation of accounting information systems.
    This study analyzes of the entire Local Government Finance and Asset Office (BPKAD) or Local Government Finance Office (BPKD) of provincial and district/city governments in Java. The target respondents of this study is the Head of Division and the Sub-Division Head in Accounting or at least Senior Accounting Staff in the provincial and BPKAD / BPKD of districts/cities in Java. From 119 existing populations, 111 research data were collected through questionnaire and interviews with BPKAD / BPKD throughout Java. Sampling was done using census techniques and data were analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) approach.
    The results showed that organizational characteristics, task characteristics, and user characteristics give positive and significant effects on optimal leadership decisions, both directly and through the successful implementation of accounting information systems. The results empirically prove that the better the quality of accounting information systems, the better the quality of leaders’ decisions in local governments.

    Keywords:
    Accounting Information Systems, Organizational Characteristics, Task Characteristics, User Characteristics, Optimal Decisions of Leaders, Local Government
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi