PENGARUH AKREDITASI RUMAH SAKIT DAN INOVASI PROSES MELALUI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) TERHADAP KINERJA PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN PUSAT MATA NASIONAL (PMN) RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG
Industri kesehatan berada di bawah tekanan untuk meningkatkan kinerja
dan daya saing. Upaya yang dilakukan oleh rumah sakit melalui penerapan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030007648 362.173 068 Mut p/R.12.108.1 Perpustakaan Pusat Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 362.173 068 Mut p/R.12.108.1Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik xii, 137 hlmn. Ilus : 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 362.173 068Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi 2016Subyek Info Detil Spesifik TesisPernyataan Tanggungjawab Mutia Ayu Andin Wardani -
Industri kesehatan berada di bawah tekanan untuk meningkatkan kinerja
dan daya saing. Upaya yang dilakukan oleh rumah sakit melalui penerapan
akreditasi. Dalam mendukung proses akreditasi, rumah sakit melakukan suatu
inovasi yang berbasis teknologi yaitu penerapan Sistem Infonnasi Manajemen
Rumah Sakit (SIMRS). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh akreditasi rumah sakit dan inovasi proses melalui Sistem Informasi
Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) terhadap kinerja pelayanan. Desain penelitian
menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif.
Penelitian ini dilakukan di Instalasi Rawat lalan PMN RS Mata Cicendo Bandung
dari Februari - September 2016. Populasi penelitian adalah pegawai rumah sakit
di Instalasi Rawat lalan, dan menggunakan sampel jenuh. Data diperoleh dari
kuesioner dan wawancara, dengan total 42 responden. Kemudian dianalisis
menggunakan analisis jalur dengan bantuan software SPSS v.21. Terdapat
peningkatan sebesar 23.5%, 30.3%, dan 31.1 % setelah akreditasi untuk variabel
akreditasi, inovasi proses melalui SIMRS, dan kinerja pelayanan. Sebesar 82,3%
akreditasi rumah sakit dan inovasi proses melalui SIMRS berpengaruh signifikan
terhadap kinerja pelayanan. Kondisi penerapan akreditasi, inovasi proses melalui
SIMRS dan kinerja pelayanan lebih baik dibandingkan sebelum akreditasi dengan
perbedaan yang signifikan. Secara simultan maupun parsial akreditasi dan inovasi
proses melaului SIMRS berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.