Detail Cantuman

Image of Pengaruh kinerja keuangan perusahaan, kinerja pasar saham dan kondisi makroekonomi terhadap pembentukan persepsi pasar atas masa depan pertumbuhan perusahaan

 

Pengaruh kinerja keuangan perusahaan, kinerja pasar saham dan kondisi makroekonomi terhadap pembentukan persepsi pasar atas masa depan pertumbuhan perusahaan


Penelitian ini mengkaji pengaruh persepsi pasar dalam pembentukan harga
saham melalui pendekatan Growth Value Map (GVM). Fokus penelitian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100100241658.1 Hen p/R.12.234Perpustakaan Pusat (REF.12.234)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.1 Hen p/R.12.234
    Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii,;265 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.1 Hen p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini mengkaji pengaruh persepsi pasar dalam pembentukan harga
    saham melalui pendekatan Growth Value Map (GVM). Fokus penelitian diarahkan
    untuk mengkaji sejauh mana kinerja keuangan perusahaan, kinerja pasar saham dan
    dan kondisi makroekonomi mempengaruhi pembentukan persepsi pasar!investor atas
    masa depan pertumbuhan perusahaan (Future Growth Opportunity! FGO). FGO
    didefmisikan sebagai selisih harga pasar saham dengan harga saham menurut
    earning per share (EPS) yang keduanya dinyatakan dalam angka relatif terhadap
    nilai bukunya. Semakin tinggi nilai FaO suatu perusahaan, semakin baik persepsi
    atau penilaian pasar atas masa depan pertumbuhan perusahaan.

    Penelitian dilakukan dengan mengambil obyek penelitian terhadap sekitar 82
    perusahaan bukan keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEl) yang mewakili lebih dari
    80% nilai kapitalisasi saham dalam dengan rentang waktu penelitian tahun 2002 -
    2009. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan persepsi atau
    penilaian/investor atas FGO perusahaan lebih dominan dipengaruhi oleh kinerja
    pasar saham dan kondisi makroekonomi daripada kinerja keuangan perusahaan.
    Namun demikian, kinerja keuangan perusahaan, khususnya tingkat profitabilitas dan
    ekspansi usaha, masih tetap menjadi sorotan pelaku pasar dalam menilai FGO
    perusahaan, meskipun peranannya terbatas.

    Kesimpulan penelitian di atas secara umum konsisten dengan hasil kuesioner
    terhadap 42 pelaku pasar yang mewakili beberapa perusahaan sekuritas. Para pelaku
    pasar menilai bahwa kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar saham serta
    kondisi makroekonorni domestik serta ekonorni global sebagai faktor penting dalam
    menilai FGO perusahaan. N amun pelaku pasar cenderung menilai bahwa tingkat
    profitabilitas dan kegiatan ekspansi usaha merupakan faktor sangat penting dalam
    mempengaruhi pembentukan persepsi atau penilaian pasar terhadap FGO
    perusahaan.

    Dilihat dari perspektif perusahaan, kesimpulan penelitian ini menunjukkan
    bahwa kebijakan manajemen perusahaan tidak banyak mempengaruhi penilaian
    investor atas FGO perusahaan karena besarnya pengaruh behavior pelaku pasar.
    Meskipun demikian, manajer perusahaan dapat mengelola persepsi pasar dengan
    tetap menjaga terpeliharanya sentimen positif terhadap perusahaan melalui kebijakan
    yang diarahkan untuk menjaga dan mendorong agar saham perusahaan tetap aktif
    diperjualbelikan dan memimalkan potensi timbulnya berita negatif terhadap
    perusahaan. Disamping itu, perhatian terhadap kinerja keuangan hams terus
    mendapat perhatian manajer khususnya yang terkait dengan pengembangan kapasitas
    usaha. Selanjutnya, kesimpulan penelitian ini juga menegaskan pentingnya kebijakan
    makroekonomi yang mampu menjaga confidence pasar.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi