Rancangan pelatihan strategi grafhic organizer dalam membaca untuk meningkatkan pembahasan membaca literal pada siswa kelas iv Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung
Penelitian berjudul Rancangan Pelatihan strategi graphic organizer dalam
membaca untuk meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120700427 155.9 Pus r/R.19.129 Perpustakaan Pusat (REF.19.129) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 155.9 Pus r/R.19.129Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik 128 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.9 Pus rTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Puspita, Ade -
Penelitian berjudul Rancangan Pelatihan strategi graphic organizer dalam
membaca untuk meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa kelas IV Abu
Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung ini dilakukan dengan tujuan untuk : (l)
memperoleh suatu rancangan pelatihan strategi graphic organizer dalam membaca
untuk meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa kelas IV Sekolah
Dasar, (2) memperoleh data mengenai pengaruh pelatihan strategi graphic organizer
dalam membaca dalam meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa kelas
IV Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Abu Bakar SD Muhammadiyah 7
Bandung sebanyak 10 orang dengan karakteristik belum mampu mengenali pola
hubungan urutan dan perbandingan pada teks dan memiliki taraf kecerdasan rata-rata
(dengan menggunakan tes PM 60). Perancangan pelatihan strategi graphic organizer
dalam membaca disusun dengan menggunakan pendekatan experiential learning
untuk melatih kemampuan siswa dalam membuat diagram alur untuk teks dengan
po la hubungan antar ide berupa urutan dan diagram venn untuk teks dengan pola
hubungan perbandingan.
Untuk menguji pengaruh pelatihan digunakan pendekatan quasi
eksperimental, yaitu Single Group Pre-test-Post-test Design (Before-After) untuk
mengukur perubahan pemahaman membaca literal pada subjek penelitian setelah
mengikuti program pelatihan. Hasil uji beda dengan menggunakan Wilcoxon Signed
Rank Test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman
membaca literal subjek penelitian setelah mengikuti pelatihan strategi graphic
organizer (dengan taraf signifikansi 95%). Hal ini menunjukkan bahwa aktifitas
aktifitas yang dirancang untuk melatih subjek penelitian membuat graphic organizer
dalam membaca cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca literal
pada siswa kelas IV Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.