Detail Cantuman

Image of Rancangan pelatihan strategi grafhic organizer dalam membaca untuk meningkatkan pembahasan membaca literal pada siswa kelas iv Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung

 

Rancangan pelatihan strategi grafhic organizer dalam membaca untuk meningkatkan pembahasan membaca literal pada siswa kelas iv Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung


Penelitian berjudul Rancangan Pelatihan strategi graphic organizer dalam
membaca untuk meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700427155.9 Pus r/R.19.129Perpustakaan Pusat (REF.19.129)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.9 Pus r/R.19.129
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    128 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.9 Pus r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian berjudul Rancangan Pelatihan strategi graphic organizer dalam
    membaca untuk meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa kelas IV Abu
    Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung ini dilakukan dengan tujuan untuk : (l)
    memperoleh suatu rancangan pelatihan strategi graphic organizer dalam membaca
    untuk meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa kelas IV Sekolah
    Dasar, (2) memperoleh data mengenai pengaruh pelatihan strategi graphic organizer
    dalam membaca dalam meningkatkan pemahaman membaca literal pada siswa kelas
    IV Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung.

    Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Abu Bakar SD Muhammadiyah 7
    Bandung sebanyak 10 orang dengan karakteristik belum mampu mengenali pola
    hubungan urutan dan perbandingan pada teks dan memiliki taraf kecerdasan rata-rata
    (dengan menggunakan tes PM 60). Perancangan pelatihan strategi graphic organizer
    dalam membaca disusun dengan menggunakan pendekatan experiential learning
    untuk melatih kemampuan siswa dalam membuat diagram alur untuk teks dengan
    po la hubungan antar ide berupa urutan dan diagram venn untuk teks dengan pola
    hubungan perbandingan.

    Untuk menguji pengaruh pelatihan digunakan pendekatan quasi

    eksperimental, yaitu Single Group Pre-test-Post-test Design (Before-After) untuk
    mengukur perubahan pemahaman membaca literal pada subjek penelitian setelah
    mengikuti program pelatihan. Hasil uji beda dengan menggunakan Wilcoxon Signed
    Rank Test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman
    membaca literal subjek penelitian setelah mengikuti pelatihan strategi graphic
    organizer (dengan taraf signifikansi 95%). Hal ini menunjukkan bahwa aktifitas­
    aktifitas yang dirancang untuk melatih subjek penelitian membuat graphic organizer
    dalam membaca cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca literal
    pada siswa kelas IV Abu Bakar SD Muhammadiyah 7 Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi