Detail Cantuman

Image of PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA SISWA SMA KELAS X KOTA BANDUNG

Text  

PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA SISWA SMA KELAS X KOTA BANDUNG


Judul : Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Pemahaman Membaca Pada
Siswa Kelas X Kota Bandung. Elizabeth Barbara. Magister Psikologi Profesi

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008279153 Eli pPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 100 REF.19.13.2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    153 Eli p/R.19.13.2
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 163 hlm. ; ill. ; 29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    153
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Judul : Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Pemahaman Membaca Pada
    Siswa Kelas X Kota Bandung. Elizabeth Barbara. Magister Psikologi Profesi
    Universitas Padjadjaran. 2018

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen pengukuran
    pemaharnan mernbaca yang dirancang berdasarkan teori Reading Comprehension
    (Dechant, 1991). Alat ukur pemahaman mernbaca ini terdiri dari 149 item
    persoalan pilihan ganda. Alat ukur ini dirancang untuk rnengukur seberapa
    mampu siswa dalam pemahaman mernbaca literal, organizational dan inferential
    yang diterapkan pada tiga jenis teks yang berbeda yaitu narasi, eksposisi, dan
    deskripsi. Alat ukur ini dikembangkan untuk diujikan kepada siswa SMA kelas
    X di kota Bandung.

    Sampel penelitian ini sebanyak 659 siswa yang dipillih berdasarkan teknik
    non-random sampling. Evaluasi pro p erti psikometrik yang dilakukan pada
    pengembangan alat ukur ini berupa reliabilitas, analisis tingkat kesukaran dan
    daya pembeda items, serta validasi dari skor tes. Peneliti melakukan pengujian
    reliabilitas dengan menggunakan koefisien Cronbach's alpha, dan composite
    reliability untuk mengukur konsistensi internal dari instrumen pengukuran.
    Pembuktian validitas alat ukur dilakukan melalui evidence based test content, dan
    evidence based internal structure melalui confirmatory factor analysis.

    Koefisien Cronbachs alpha untuk skor total alat ukur Pemaharnan
    Membaca adalah 0,95 sedangkan skor reliabilitas pada masing-masing sub tes
    pad a aspek pemahaman mernbaca literal sebesar 0,94; aspek pemahaman
    membaca organizational sebesar 0,719;' dan aspek pernahaman membaca
    inferential sebesar 0,799. Composite reliability untuk skor total alat ukur
    pernahaman membaca sebesar 0,94 sedangkan aspek literal sebesar 0,926,
    organizational sebesar 0,736, dan inferential sebesar 0,749.

    Item dalam alat ukur kemampuan pemahaman membaca memiliki tingkat
    kesukaran yang tergolong sedang. Rata-rata tingkat kesukaran item adalah 0,658.
    Indeks daya pembeda pada rnasing-masing items menunjukkan kemampuan
    membedakan yang tergolong baik dengan rata-rata indeks sebesar 0,347.

    Confirmatory factor analysis pada alat ukur pemahaman membaca literal,
    organizational dan inferential menunjukkan model fit. Nilai Goodness Fit of
    Index dari kemampuan pernahaman membaca literal adalah X2(3J )=39,55, p=
    0,13 , dengan skor RMSEA = 0,02 ; GFI = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1,0; Nilai
    Goodness Fit of Index dari kemampuan pemahaman mernbaca organizational

    . adalah X2(26)=33.53, p= 0,1471, dengan skor RMSEA = 0,02 ; GFI = 0.99; NNFi
    = 1,0; CFI = 1,0; Sedangkan nilai Goodness Fit of Index dari kernampuan
    pcmahaman membaca inferential adalah X2(l4)= 11,89, p= 0,615, dengan skor
    RMSEA = 0,026 ; GFl = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1.0
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi