Detail Cantuman

Image of KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR DI KOTA PANGKALPINANG PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

 

KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR DI KOTA PANGKALPINANG PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


Fokus pennasalahan penelitian ini adalah pada kualitas pelayanan pendidikan
dasar (SDIMI dan SMPIMTs) di Kota Pangkalpinang Provinsi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130100020351 Rid k/R.17.357Perpustakaan Pusat (REF.17.357)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 Rid k/R.17.357
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi,;203 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Fokus pennasalahan penelitian ini adalah pada kualitas pelayanan pendidikan
    dasar (SDIMI dan SMPIMTs) di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka
    Belitung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran
    tentang berbagai aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan pendidikan dasar di
    kota Pangkalpinang melalui keterlibatan berbagai pihak yang berkepentingan, yaitu
    pemerintah daerah, institusi pendidikan, dan .masyarakat yang diwujudkan dalam
    lima aspek pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness,
    assurance, dan empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
    kualitatif-deskriptif untuk memaparkan berbagai fakta dan data terkait
    penyelenggaraan pelayanan kependidikan di Kota Pangkalpi nang, Provinsi
    Kepulauan Bangka Belitung. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan
    melakukan wawancara terhadap infonnan, studi dokumentasi, dan melakukan
    observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan
    dari Zeithaml, et al.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah terhadap
    pendidikan dasar memiliki kontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan
    kependidikan. Kerja sama antara unsur pemerintah daerah, institusi kependidikan,
    dan masyarakat diperlukan dalam penyelenggaraan layanan pendidikan yang
    berkualitas di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Konsep
    barn yang diajukan di dalam penelitian ini adalah "Sinergisitas antara pemerintah
    daerah sebagai pengambil kebijakan, institusi pendidikan sebagai pelaksana layanan
    kependidikan, dan masyarakat selaku pelanggan terhadap layanan pendidikan akan
    menghasilkan suatu model atau bentuk pelayanan pendidikan dasar yang berkualitas
    di kota Pangkalpinang yang diwujudkan dalam lima aspek pelayanan yang terdiri
    dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy." Hal tersebut
    didasarkan pada hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa institusi sekolah tidak
    dapat bekerja sendiri dalam mewujudkan layanan pendidikan yang berkualitas. Peran
    pemerintah daerah sebagai pengambil kebijakan dan masyarakat sebagai pihak yang
    menggunakan layanan pendidikan juga mempengaruhi sistem kerja dan kualitas
    pelayanan kependidikan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi