Detail Cantuman

Image of EDUKASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROGRAM FAMILY PSYCHOEDUCATION THERAPY

 

EDUKASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROGRAM FAMILY PSYCHOEDUCATION THERAPY


Frieza Patriani, 210120130501, 2013, "Edukasi Komunikasi Terapeutik
dalarn Program Family Phychoeducation Therapy" (Studi Kasus Mengenai

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030007087302.2 Fri e/R.21.89Perpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Fri e/R.21.89
    Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 190 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Fri e
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    2016
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Tesis
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Frieza Patriani, 210120130501, 2013, "Edukasi Komunikasi Terapeutik
    dalarn Program Family Phychoeducation Therapy" (Studi Kasus Mengenai
    Edukasi Komunikasi Terapeutik di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Kepada
    Kel.iarga Pasien Gangguan Jiwa). Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi,M.Ext.Ed sebagai
    Ketua Tim Pembimbing, dan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si sebagai Anggota Tim
    Pembimbing, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Tujuan tesis ini untuk mengetahui pemahaman pihak rumah sakit
    mengenai program Family Psychoeducation Therapy secta kenda dan solusi dalam
    program tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitas dengan
    paradigma konstruktivisme, dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Subjek
    penelitiannya adalah psikiater, psikolog, perawat, manajemen dan keluarga
    pasien di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat yang dipilih secara purposif.
    Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, pengamatan peran
    secta, dan studi pustaka.

    Basil penelitian mengungkapkan bahwa (1) pcmahaman pihak rumah sakit
    mengenai program Family Psycho education Therapy yaitu: (a) Identifikasi
    masalan Keluarga Paisen, dan keluarga di informasikan tujuan komunikasi
    terapeutik. (b) Perawatan dan Komunikasr terhadap pasien gangguan jiwa.
    Edukasi disini terdapat teknik dalam komunikasi terapeutik. (c) Manajemen Stres
    Kcluarga. keluarga diedukasi mengenai sikap dalam komunikasi terapeutik. (d)
    Manajcn.cn Bcban Keluarga. Keluarga Ji edukasi meugenai sikap dalani
    komunikasi tcrapcutik (c) Pcmberdayaan Kornunitas Membantu Keluarga. (2)
    Metode yang digunakan adalah discussion method yang terdiri dari information
    sharing dan problem solving. (3) Evalusi yang dilakukan dalam rogram ini hanya
    evaJuasi terhadap keluarga pasien saja, tidak ada evaluasi internal dari pihak
    rumah sakit, (4)KendaJa yang terdapat dalarn program Family Psychoeducation
    Theraphy, pertama dari pihak keluarga yaitu: psikologis, knowledge, sosiologis,
    ekonomi. Kedua, dari pihak rumah sakit yaitu: SDM, Fasilitas, Ratio, Waktu. (5)
    Solusi untuk kendala tersebut yaitu: (a) tahap awal: kognitif terapi, motivasi,
    informasi (b) tahap lanjutan: program F am ily Psychoeducation Theraphy
    dilakukan pad a awal konsul pasien baru, kerjasama antar profesi di rumah sakit.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi