Detail Cantuman

Image of INTERVENSI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN DERAJAT SHYNESS PADA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA FAKULTAS X UNIVERSITAS Y DI KOTA MAKASSAR)

 

INTERVENSI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN DERAJAT SHYNESS PADA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA FAKULTAS X UNIVERSITAS Y DI KOTA MAKASSAR)


Shyness yang di alami oleh mahasiswa merupakan salah satu bentuk
pennasalahan psikologis. Mahasiswa dengan derajat shyness yang tergo long ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0100112070082150.194 3 rid i/R.19.9Perpustakaan Pusat (REF.19.9)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    150.194 3 rid i/R.19.9
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 156 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    150.194 3 rid i
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Shyness yang di alami oleh mahasiswa merupakan salah satu bentuk
    pennasalahan psikologis. Mahasiswa dengan derajat shyness yang tergo long pada
    kategori tinggi dan sangat tinggi, akan lebih banyak mengalami permasalahan
    dalam akademik dan sosial. Terjadinya perubahan kecenderungan derajat shyness
    dari sedang menjadi tinggi berdasarkan data penelitian sebelumnya, yakni
    penelitian tahun 2004, 2006, dan 2010 pada fakultas X universitas Y di Kota
    Makassar, menunjukkan perlunya penanganan shyness pada mahasiswa.
    Penelitian ini bertujuan untuk melakukan intervensi cognitive behavior therapy
    (CBT) guna menurunkan derajat shyness pada mahasiswa tahun kedua fakultas X
    universitas Y di kota Makassar.

    Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang mahasiswi tahun kedua dengan
    derajat shyness tinggi dan sangat tinggi. Subjek pertama berusia 19 tahun dan
    subjek kedua berusia 20 tahun.

    Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan The One
    Group Pretest-Postest Design Using a Double Prestest. Shyness di ukur dengan
    menggunakan skala shyness buatan peneliti yang mengacu pada empat aspek,
    yaitu: perilaku, fisiologis, kognitif, dan afektif dari Henderson dan Zimbardo.
    Korelasi item-total pada alat ukur ini bergerak dari 0.257 hingga 0.636. Validitas
    kriteria dari alat ukur adalah 0,803 (dengan RCBS) dan 0,791 (dengan Shy-Q),
    sedangkan reliabilitas alpha sebesar 0,926. Intervensi CBT dilakukan dengan
    empat sesi, yaitu: memahami pola shyness diri, mengubah pola pikir, mengubah
    perilaku, serta reviu dalam bentuk refleksi dan penulisan ringkasan terhadap
    keseluruhan sesi.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CBT dapat menurunkan derajat shyness
    kedua mahasiswi tahun kedua yang menjadi subjek penelitian. Hal ini
    diindikasikan dengan menurunnya kategori shyness pada subjek I (dari tinggi
    menjadi sedang) dan subjek II (dari sangat tinggi menjadi sedang). Penurunan
    derajat shyness setelah di intervensi menggunakan CBT terlihat di seluruh aspek
    shyness, baik itu penurunan skor maupun penurunan kategori. Dalam proses
    terapi setiap sesi memiliki kontribusi dalam penurunan derajat shyness. Meski
    demikian, subjek bebas memilih untuk menggunakan bagian mana saja dari sesi
    tersebut yang akan subjek gunakan ketika suatu waktu derajat shyness subjek
    meningkat kembali.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi