FAKTOR KOMUNIKASI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UNTUK MENJADI MAHASISWA DI UNIVERSITAS TELKOM
Faktor Komunikasi Yang Mempengaruhi Keputusan Untuk Menjadi
Mahasiswa Di Universitas Telkom (Analisis Uji Faktorial)
Subjek ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030007390 302.2 Pag f/R.21.140 Perpustakaan Pusat Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Pag f/R.21.140Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik 158 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 Pag fTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi 2015Subyek Info Detil Spesifik TesisPernyataan Tanggungjawab PAGI MUHAMAD -
Faktor Komunikasi Yang Mempengaruhi Keputusan Untuk Menjadi
Mahasiswa Di Universitas Telkom (Analisis Uji Faktorial)
Subjek
Analisis Faktor, Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Keputusan
Konsumen
Pagi Muhammad. 2015. Pascasarjana ilmu komunikasi UNPAD. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan untuk menjadi
mahasiswa di Universitas Telkom. Variabel penelitian yang dianalisis dalam penelitian ini
adalah Keahlian, Kepercayaan, Struktur Pesan, Gaya Pesan, Daya tarik pesan, Saluran
Komunikasi Personal, Saluran Komunikasi non-personal, Pengenalan Masalah, Pencarian
Informasi, Evaluasi altematif, Keputusan Pembelian, Perilaku pasca pembelian, Bukti Fisik,
Harga, Orang-orang, Kelompok Rujukan, Motivasi, Merek, Program studi, dan Kelas
internasional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa universitas Telkom angkatan
2013-2014, dengan pernilihan sampel menggunakan sampling berstrata proposional dan
pemilihan respond en dengan menggunakan simple random sampling maka diperoleh sampel
sebanyak 382 orang mahasiswa. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis faktor
dimana pengertian dari analisis faktor itu sendiri adalah mencoba menemukan hubungan
(korelasi) antara sejumlah variabel-variabel yang saling independen satu dengan yang lain,
sehingga menjadi satu atau beberapa kumpulan variabel yang lebih sedikit dari jumlah
variabel awal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor komunikasi yang mempengaruhi
keputusan untuk menjadi mahasiswa universitas telkom terdapat lima faktor yang telah
. diproses dan diberikan penamaan faktor yaitu faktor pertimbangan universitas, faktor
komunikasi, faktor saluran komunikasi, faktor persepsi merek dan faktor rekomendasi
pembelian. Dengan faktor pertimbangan program studi yang paling dominan mempengaruhi
keputusan untuk menjadi mahasiswa universitas telkom. Saran bagi Universitas Telkom,
Meningkatkan pemasaran dengan menggunakan word-of-mouth, dan integrated marketing
communication, Pemasaran jasa seharusnya diperlakukan sebagaimana memasarkan produk
barang, Mengadakan kelas pengantar suatu ilmu selama satu semester sebagai percobaan
/trial, dan para pesertanya adalah calon konsumen yakni murid-murid SMA. Saran bagi
Penelitian Selanjutnya, Diharapkan penelitian selanjutnya dapat membahas strategi
pemasaran universitas Telkom atau universitas lainnya. Diharapkan penelitian selanjutnya
mempunyai referensi buku dan jurnal yang lebih banyak tentang pemasaran jasa. Diharapkan
penelitian selanjutnya menggunakan metode yang berbeda dengan analisis faktorial misalnya
dengan analisis conjoint. Saran bagi Universitas Telkom, Meningkatkan pemasaran dengan
menggunakan word-oj-mouth, dan integrated marketing communication, Pemasaran jasa
seharusnya diperlakukan sebagaimana memasarkan produk barang, Mengadakan kelas
pengantar suatu ilmu selama satu semester sebagai percobaan / trial, dan para pesertanya
adalah calon konsumen yakni murid-murid SMA.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.