Uji Coba Pelatihan Persepsi Sosial Pada Anak Learning Disability
Uji Coba Rancangan Pelatihan Persepsi Sosial pada anak
Learning Disability
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01003538 158 Sus u/R.19.139 Perpustakaan Pusat (REF.19139) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 158 Sus u/R.19.139Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik xiv, 95 hlm. ; il. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 158 Sus u/R.19.139Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Susandari -
Uji Coba Rancangan Pelatihan Persepsi Sosial pada anak
Learning Disability
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak learning disability
nonverbal yang memiliki kekurangan dalam kemampuan persepsi sosialnya. Hal ini
mempengaruhi dalam interaksi sosial mereka dan penerimaan sosial oleh sebaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah: uji coba terhadap (1) alat ukur yang dirancang
untuk mengukur kemampuan Persepsi Sosial anak Learning Disability Nonverbal,
dan (2) Rancangan Intervensi untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Peserta
Penelitian adalah 2 anak Learning Disability tipe Nonverbal, usia 8-12 tahun.
Alat Ukur disusun dari foto yang menunjukkan ekspresi emosi pada wajah
anak dan ciri-ciri situasional, yang terbagi menjadi 3 bagian: Pemberian Label,
Diskriminasi, Penilaian Situasi. Alat ukur sebelumnya diberikan pada anak normal
sebaya untuk menguji Validitas, Reliabilitas, dan Analisa Item. Setelah itu diberikan
pada anak Learning Disability tipe nonverbal untuk melihat apakah alat ukur dapat
menggambarkan area kesulitan dalam Persepsi Sosial pada anak Learning Disability.
Rancangan Intervensi juga diberikan untuk melihat apakah rancangan perlu direvisi.
Hasil menunjukkan bahwa beberapa item dari alat ukur perlu direvisi karena
tidak valid. Rancangan Intervensi juga perlu direvisi, yakni dalam hal instruksi, isi
materi, dan lamanya prosedure, yang lebih tepat untuk anak learning disability.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.