Detail Cantuman

Image of Pengaruh orientasi pasar dan kapabilitas inovasi dalam meningkatkan nilai pelanggan serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing perusahaan

 

Pengaruh orientasi pasar dan kapabilitas inovasi dalam meningkatkan nilai pelanggan serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing perusahaan


Indonesia adalah Negara penghasil tekstil bennotif batik. lni tercermin dari
banyaknya daerah di Indonesia yang menghasilkan tekstil yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100100255658.834 3 Sup p/R.12.316Perpustakaan Pusat (REF.12.316)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.834 3 Sup p/R.12.316
    Penerbit Program Doktor Ilmu Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xviii,;296 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.834 3
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Indonesia adalah Negara penghasil tekstil bennotif batik. lni tercermin dari
    banyaknya daerah di Indonesia yang menghasilkan tekstil yang bermotif batik.
    Adanya Import tekstil yang bermotif batik mengakibatkan meningkatnya persaingan
    industri batik di Indonesia. D.I.Yogyakarta adalah salah satu daerah penghasil batik
    di Indonesia dan memperoleh dampak persaingan baik antar daerah maupun luar
    negeri. Masalah utama yang dihadapi industri batik Y ogya adalah rendahnya nilai
    pelanggan industri batik Y ogya, sehingga menurunkan daya saing industri batik
    Y ogya. Hal ini disebabkan industri batik Y ogya tidak mampu mengidentifikasi dan
    menganalisis perubahan kebutuhan dan keinginan pasar.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap penerapan orientasi pasar,
    kapabilitas inovasi, nilai pelanggan dan keunggulan bersaing industri batik Y ogya,
    untuk mengungkap hubungan orientasi pasar dengan kapabilitas inovasi, untuk
    mengungkap besamya pengaruh strategi orientasi pasar dan kapabilitas inovasi
    terhadap nilai pelanggan industri batik Y ogya, untuk mengungkap besamya pengaruh
    strategi orientasi pasar dan kapabilitas inovasi terhadap keunggulan bersaing, serta
    mengungkap besamya pengaruh nilai pelanggan terhadap keunggulan bersaing
    industri batik Y ogya.

    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori survei
    dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data primer. Unit analisis dalam penelitian
    ini adalah industri batik Yogya. Subjek dalam penelitan ini adalah para pengusaha
    industri batik Y ogya. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
    analisis SEM dengan program LISREL. Hasil analisis diperoleh bahwa; orientasi
    pasar, kapabilitas inovasi dalam kategori rendah, nilai pelanggan secara rata-rata
    dalam kategori tinggi, tetapi faktor dominan dalam nilai pelangan masih dalam
    kategori rendah dan keunggulan bersaing dalam kategori tidak unggul dibandingkan
    dengan batik non Y ogya. Orientasi pasar dengan kapabilitas inovasi mempunyai
    hubungan yang positif, orientasi pasar dan kapabilitas inovasi berpengaruh positif
    terhadap nilai pelanggan, orientasi pasar, kapabilitas inovasi, dan nilai pelanggan
    berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing industri batik Y ogya.

    Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan keputusan
    manajerial dalam upaya mengadakan perubahan-perubahan di organisasi, serta
    sebagai bahan referensi guna penelitian lanjutan, khususnya di sektor industri batik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi