Peran nilai-nilai perusahaan terhadap kinerja
PERAN NILAI-NILAI PERUSAHAAN
TERHADAP KINERJA
Suatu Penelitian mengenai Peran Kesenjangan Harapan
dan Kenyataan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110700182 158.26 Yan p/R.145 Perpustakaan Pusat (REF.19.145) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 158.26 Yan p/R.145Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2011 Deskripsi Fisik xii, 68 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 158.26 Yan p/R.145Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Yanuarti, Nurul -
PERAN NILAI-NILAI PERUSAHAAN
TERHADAP KINERJA
Suatu Penelitian mengenai Peran Kesenjangan Harapan
dan Kenyataan tentang Nilai-nilai Perusahaan terhadap
Kinerja pada Karyawan Divisi Network
PT Telekomunikasi Indonesia
ABSTRAK
NURUL YANUARTl. Peran Nilai-nilai Perusahaan terhadap Kinerja. Suatu
Penelitian Mengenai Peran Kesenjangan Harapan dan Kenyataan tentang Nilai-nilai
Perusahaan terhadap Kinerja pada Karyawan Divisi Network PT Telekomunikasi
Indonesia, di bawah bimbingan Dr. Wisnubrata Hendroyuwono, S.Psi, sebagai ketua
Komisi Pembimbing, Dr. H. Suryana Sumantri, S.Psi., MSIE, dan Dr. Hj. Nitya
Wismaningsih, S.Psi, MPd, sebagai anggota Komisi Pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah nilai-nilai perusahaan,
dalam hal ini kesenjangan harapan dan kenyataan tentang nilai-nilai perusahaan
mempunyai peran yang berarti terhadap kinerja dan seberapa kuat perannya.
Selanjutnya ingin diketahui pula kesenjangan pada aspek nilai manakah yang paling
kuat berperan terhadap kinerja.
Penelitian ini bersifat ex post facto dengan metode causal analysis.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner nilai perusahaan dan
kuesioner kinerja. Teknik pengolahan data menggunakan analisis jalur untuk melihat
peran variabel penyebab (kesenjangan harapan dan kenyataan tentang nilai
perusahaan) terhadap variabel akibat (kinerja) yang dinyatakan dengan koefisien
jalur.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada peran yang signifikan dari
kesenjangan harapan dan kenyataan tentang nilai perusahaan terhadap kinerja
dengan besar pengaruh 50,03 %; 2) Kesenjangan harapan dan kenyataan tentang
nilai perusahaan aspek managing management berperan terhadap kinerja
(PVX1 = -0,2667, Pvalue < 0,05); 3) Kesenjangan harapan dan kenyataan tentang nilai
perusahaan aspek managing the task berperan terhadap kinerja (PVX2 = -0,3894, Pvalue
< 0,05); 4) Kesenjangan harapan dan kenyataan ten tang nilai perusahaan aspek
managing relationship berperan terhadap kinerja (pVX3= -0,1835, Pvalue < 0,05) ; 5)
Kesenjangan harapan dan kenyataan tentang nilai perusahaan aspek managing the
environment tidak berperan terhadap kinerja (PVX4 = -0,1057, Pvalue > 0,05).
Melalui penelitian ini diketahui pula bahwa kesenjangan pada aspek
managing the task mernberikan peran yang paling kuat. Berdasarkan interpretasi
analisis jalur diperoleh koefisien jalur yang negatif, artinya bahwa semakin tinggi
kesenjangan antara harapan dan kenyataan tentang nilai perusahaan akan
memberikan peran terhadap kinerja yang semakin rendah, demikian pula sebaliknya.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.