Detail Cantuman

Image of Perancangan Program Pendampingan Keterampilan Self Regulation Dalam Proses Pengerjaan Tesis Mahasiswa Program Magister

 

Perancangan Program Pendampingan Keterampilan Self Regulation Dalam Proses Pengerjaan Tesis Mahasiswa Program Magister


Dalam upaya memperoleh gelar Master, mahasiswa program magister
profesional psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130700261370.15 Eka p/R.19.204Perpustakaan Pusat (REF.204)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    370.15 Eka p/R.19.204
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 122 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    370.15 Eka p/R.19.204
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Dalam upaya memperoleh gelar Master, mahasiswa program magister
    profesional psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki
    kewajiban untuk membuat tesis sebagai tugas akhir, sampai batas waktu yang
    telah ditentukan. Namun, banyak mahasiswa magister yang dalam proses
    pengetjaan tesisnya menemui hambatan dan kesulitan. Hasil data awal
    menunjukkan bahwa hambatan yang ditemui oleh mahasiswa disebabkan oleh
    kurang efektifnya penerapan keterampilan self regulation mahasiswa dalam
    proses pengerjaan tesisnya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk
    mendapatkan suatu rancangan program pendampingan dalam bentuk konseling
    mengenai keterampilan self regulation dalam proses pengerjaan tesis mahasiswa.
    Penelitian terkini menunjukkan bahwa self regulation selama proses belajar dapat
    diajarkan dan individu yang diajarkan memperlihatkan motivasi dan prestasi yang
    meningkat. Bentuk konseling secara individual dipilih sebagai program intervensi
    karena penerapan keterampilan self regulation ini sifatnya spesifik sehingga harus
    disesuaikan pula dengan pribadi masing-masing mahasiswa.

    Rancangan program pendampingan dalam bentuk konseling diturunkan
    dari hasil analisa kebutuhan masing-masing subyek dan berdasarkan keterampilan
    self regulation yang dikemukakan oleh Zimrnerman (2002) dan disesuaikan
    dengan proses pengerjaan tesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
    deskriptif berupa studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang mahasiswa
    program magister profesional psikologi Fakultas Psikologi Universitas
    Padjadjaran yang telah mengambil mata kuliah tesis lebih dari dua semester dan
    belum lulus, berada pada angkatan yang sama, dan memiliki permasalahan self
    regulation pada fase selfregulation yang sama.

    Hasil uji coba program pendampingan dalam bentuk konseling ini
    memberikan gambaran dinamika mengenai penerapan keterampilan self
    regulation pada fase forethought yaitu keterampilan goal setting dan strategic
    planning dalam proses pengerjaan tesis mahasiswa. N amun, diperoleh pula data
    bahwa program pendampingan dalam bentuk konseling ini kurang sesuai untuk
    digunakan pada subyek dengan karakteristik yang kurang mau terbuka terhadap
    pengalaman-pengalamannya, kurang bersedia untuk menerima masukan, dan
    subyek yang memiliki cara berpikir yang kaku.

    Di akhir penelitian terdapat hal-hal yang dapat disarankan untuk dilakukan
    pada penelitian selanjutnya dan hal-hal yang mendukung proses pengerjaan tugas
    akhir mahasiswa baik pada tingkat S2 maupun SI.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi