Perancangan Program Pendampingan Keterampilan Self Regulation Dalam Proses Pengerjaan Tesis Mahasiswa Program Magister
Dalam upaya memperoleh gelar Master, mahasiswa program magister
profesional psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001130700261 370.15 Eka p/R.19.204 Perpustakaan Pusat (REF.204) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 370.15 Eka p/R.19.204Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xv, 122 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 370.15 Eka p/R.19.204Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Gita Ekapratiwi -
Dalam upaya memperoleh gelar Master, mahasiswa program magister
profesional psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki
kewajiban untuk membuat tesis sebagai tugas akhir, sampai batas waktu yang
telah ditentukan. Namun, banyak mahasiswa magister yang dalam proses
pengetjaan tesisnya menemui hambatan dan kesulitan. Hasil data awal
menunjukkan bahwa hambatan yang ditemui oleh mahasiswa disebabkan oleh
kurang efektifnya penerapan keterampilan self regulation mahasiswa dalam
proses pengerjaan tesisnya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk
mendapatkan suatu rancangan program pendampingan dalam bentuk konseling
mengenai keterampilan self regulation dalam proses pengerjaan tesis mahasiswa.
Penelitian terkini menunjukkan bahwa self regulation selama proses belajar dapat
diajarkan dan individu yang diajarkan memperlihatkan motivasi dan prestasi yang
meningkat. Bentuk konseling secara individual dipilih sebagai program intervensi
karena penerapan keterampilan self regulation ini sifatnya spesifik sehingga harus
disesuaikan pula dengan pribadi masing-masing mahasiswa.
Rancangan program pendampingan dalam bentuk konseling diturunkan
dari hasil analisa kebutuhan masing-masing subyek dan berdasarkan keterampilan
self regulation yang dikemukakan oleh Zimrnerman (2002) dan disesuaikan
dengan proses pengerjaan tesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif berupa studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang mahasiswa
program magister profesional psikologi Fakultas Psikologi Universitas
Padjadjaran yang telah mengambil mata kuliah tesis lebih dari dua semester dan
belum lulus, berada pada angkatan yang sama, dan memiliki permasalahan self
regulation pada fase selfregulation yang sama.
Hasil uji coba program pendampingan dalam bentuk konseling ini
memberikan gambaran dinamika mengenai penerapan keterampilan self
regulation pada fase forethought yaitu keterampilan goal setting dan strategic
planning dalam proses pengerjaan tesis mahasiswa. N amun, diperoleh pula data
bahwa program pendampingan dalam bentuk konseling ini kurang sesuai untuk
digunakan pada subyek dengan karakteristik yang kurang mau terbuka terhadap
pengalaman-pengalamannya, kurang bersedia untuk menerima masukan, dan
subyek yang memiliki cara berpikir yang kaku.
Di akhir penelitian terdapat hal-hal yang dapat disarankan untuk dilakukan
pada penelitian selanjutnya dan hal-hal yang mendukung proses pengerjaan tugas
akhir mahasiswa baik pada tingkat S2 maupun SI. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.