Pengaruh tingkat kedaruratan sakit, sumber pembiayaan, input pemasaran, input sosiokultural dan kinerja bauran pemasaran jasa...
Maraknya penderita berobat ke luar negeri merupakan masalah nyata yang
harns diteliti untuk ditemukan solusinya. Fenomena ini diduga ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001100100116 380.1 Zai p/R.12.84 Perpustakaan Pusat (REF.12.84) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 380.1 Zai p/R.12.84Penerbit Program Doktor Ilmu Ekonomi Unpad : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik XXIX,;336 HLM,;29 CMBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 380.1 Zai pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab ZAINAL NORMAN -
Maraknya penderita berobat ke luar negeri merupakan masalah nyata yang
harns diteliti untuk ditemukan solusinya. Fenomena ini diduga berkaitan dengan
perilaku pasien dalam memilih fasilitas kesehatan. Untuk mempelajari hal ini
secara teoritis dapat dilakukan melalui pendekatan ilmu perilaku konsumen,
menggunakan model Schiffman & Kanuk.
Tujuan penelitian ini adalah: 1.Mendapatkan gambaran deskriptif tentang
kedaruratan sakit, sumber pembiayaan, input pemasaran jasa, input sosiokultural,
nilai ekspektasi pasien, kinerja bauran pemasaran jasa dan kepuasan pasien serta
citra rumah sakit swasta di Jakarta. 2. Mendapatkan hasil kajian pengaruh input
pemasaran dan input sosiokultural dalam media komunikasi tradisional dan
elektronik terhadap nilai ekspektasi pasien. 3. Mendapatkan hasil kajian pengaruh
kedaruratan sakit, sumber pembiayaan dan nilai ekspektasi pasien terhadap
keputusan memilih rumah sakit. 4. Mendapatkan hasil kajian pengaruh nilai
ekspektasi pasien, keputusan memilih rumah sakit dan kinerja bauran pemasaran
jasa terhadap kepuasan pasien. 5. Mendapatkan hasil kajian pengaruh kepuasan
pasien terhadap citra rumah sakit. 6. Mendapatkan hasil kajian perbedaan
persepsi citra rumah sakit swasta di Jakarta dan Singapura.
Penelitian ini bersifat survei deskriptif dan survei eksplanatori terhadap
pasien rumah sakit swasta kelas atas di Jakarta, melakukan pengukuran berulang
terhadap parameter-parameter bauran pemasaran dalam variabel input marketing;
input sosiokultural; nilai ekspektasi dan kinerja bauran pemasaran jasa. Teknik
analisis yang digunakan dalam uji hipotesis adalah menggunakan model
persamaan struktural (Structural Equation Modelling). Pengumpulan data dengan
cara pengisian kuesioner oleh pasien.
Hasil penelitian adalah bahwa disamping input marketing dan input
sosiokultural, kedaruratan sakit dan sumber pembiayaan juga merupakan faktor
yang berpengaruh terhadap nilai ekspektasi pasien dalam media komunikasi
tradisional dan elektronik, yang selanjutnya berpengaruh terhadap keputusan
memilih rumah sakit. Keputusan memilih rumah sakit dan kinerja bauran
pemasaran jasa berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan citra rumah sakit yang
akan diberitakan dalam media komunikasi tradisional dan elektronik, yakni citra
rumah sakit Jakarta dipersepsikan lebih rendah dibanding Singapura.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.