Detail Cantuman

Image of Pemaknaan khalayak terhadap realitas sosial pada televisi ( studi interpretif tentang persepsi khalayak mengenai iklan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA dan konstruksi ideologi pada iklan media televisi)

 

Pemaknaan khalayak terhadap realitas sosial pada televisi ( studi interpretif tentang persepsi khalayak mengenai iklan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA dan konstruksi ideologi pada iklan media televisi)


PEMAKNAAN KHAL.A YAK TERHADAP REALITAS SOSIAL
P ADA TELEVISI

(STUDI INTERPRETIF TENT ANG PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110100228302.23 Yun p/R.17.154Perpustakaan Pusat (REF.17.154)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.23 Yun p/R.17.154
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxi,;330 hlm,;29cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.23 Yun p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • PEMAKNAAN KHAL.A YAK TERHADAP REALITAS SOSIAL
    P ADA TELEVISI

    (STUDI INTERPRETIF TENT ANG PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI
    IKLAN BANK MANDIRI, BANK BRI, BANK BeA DAN KONSTRUKSI
    IDEOLOGI P ADA IKLAN MEDIA TELEVISI)

    Penelitian ini dimulai dengan ditemukannya fenomena kebiasaan

    menonton televisi pada masyarakat kota di Indonesia yang dari hari ke hari
    semakin bertambah jumlah jamnya. Fenomena ini beriringan dengan
    bertambahnya jumlah stasiun televisi swasta. Keberadaan stasiun televisi ini juga
    menyuburkan perkembangan jumlah belanja iklan di televisi. Atas dasar
    penelusuran terse but maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:

    Bagaimana proses pemaknaan khalayak terhadap realitas sosial di televisi?
    Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep
    pemaknaaan khalayak terhadap iklan televisi sesuai latar belakang sosial dan
    pribadi khalayak serta konstruksi ideologi yang terdapat pada iklan-iklan tersebut.

    Metode dalam penelitian ini bersifat kualitatif interpretif, dengan analisis
    dan pembahasan berdasarkan analisis taksonomi (taxonomic analysis), yaitu
    analisis dengan cara menguraikannya menjadi suatu domain atau sub domain
    secara mendalam: iklan menjadi fokus ke produk perbankan yang dijadikan
    domain, sub domain diarahkan pada iklan bank papan atas; selanjutnya dilakukan
    analisis komponensial (componential analysis) dengan cara menggolongkan
    berdasarkan ciri-ciri tertentu. Dari ciri tersebut dianalisis menjadi suatu
    kesimpulan.

    Temuan penelitian tentang proses pemaknaan khalayak terhadap realitas
    sosial adalah: 1 )Iklan televisi produk perbankan dimaknai positif jika simbol­
    simbol yang terdapat pada iklan tersebut menjanjikan pemenuhan harapan yang
    sulit dicapai oleh khalayak. 2)Iklan produk perbankan dimaknai sebagai harapan
    yang diimpikan pada khalayak dengan latar belakang ekonomi dan tingkat
    pendidikan rendah. Sedangkan konstruksi ideologi pada iklan televisi produk
    perbankan menghasilkan temuan: iklan televisi yang berisikan kesenangan lebih
    disukai dari pada iklan yang berisikan informasi untuk pemahaman. Dengan
    demikian, konsep umum yang ditemukan pada penelitian ini adalah "pemaknaan
    khalayak dan kontruksi ideologi pada iklan televisi merupakan suatu kesatuan
    interpertasi dari simbol-simbol yang ada pada iklan tersebut sesuai latar belakang
    khalayak. "
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi