Pemaknaan khalayak terhadap realitas sosial pada televisi ( studi interpretif tentang persepsi khalayak mengenai iklan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA dan konstruksi ideologi pada iklan media televisi)
PEMAKNAAN KHAL.A YAK TERHADAP REALITAS SOSIAL
P ADA TELEVISI
(STUDI INTERPRETIF TENT ANG PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110100228 302.23 Yun p/R.17.154 Perpustakaan Pusat (REF.17.154) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.23 Yun p/R.17.154Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2011 Deskripsi Fisik xxi,;330 hlm,;29cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.23 Yun pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Yunus, Ulani -
PEMAKNAAN KHAL.A YAK TERHADAP REALITAS SOSIAL
P ADA TELEVISI
(STUDI INTERPRETIF TENT ANG PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI
IKLAN BANK MANDIRI, BANK BRI, BANK BeA DAN KONSTRUKSI
IDEOLOGI P ADA IKLAN MEDIA TELEVISI)
Penelitian ini dimulai dengan ditemukannya fenomena kebiasaan
menonton televisi pada masyarakat kota di Indonesia yang dari hari ke hari
semakin bertambah jumlah jamnya. Fenomena ini beriringan dengan
bertambahnya jumlah stasiun televisi swasta. Keberadaan stasiun televisi ini juga
menyuburkan perkembangan jumlah belanja iklan di televisi. Atas dasar
penelusuran terse but maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana proses pemaknaan khalayak terhadap realitas sosial di televisi?
Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep
pemaknaaan khalayak terhadap iklan televisi sesuai latar belakang sosial dan
pribadi khalayak serta konstruksi ideologi yang terdapat pada iklan-iklan tersebut.
Metode dalam penelitian ini bersifat kualitatif interpretif, dengan analisis
dan pembahasan berdasarkan analisis taksonomi (taxonomic analysis), yaitu
analisis dengan cara menguraikannya menjadi suatu domain atau sub domain
secara mendalam: iklan menjadi fokus ke produk perbankan yang dijadikan
domain, sub domain diarahkan pada iklan bank papan atas; selanjutnya dilakukan
analisis komponensial (componential analysis) dengan cara menggolongkan
berdasarkan ciri-ciri tertentu. Dari ciri tersebut dianalisis menjadi suatu
kesimpulan.
Temuan penelitian tentang proses pemaknaan khalayak terhadap realitas
sosial adalah: 1 )Iklan televisi produk perbankan dimaknai positif jika simbol
simbol yang terdapat pada iklan tersebut menjanjikan pemenuhan harapan yang
sulit dicapai oleh khalayak. 2)Iklan produk perbankan dimaknai sebagai harapan
yang diimpikan pada khalayak dengan latar belakang ekonomi dan tingkat
pendidikan rendah. Sedangkan konstruksi ideologi pada iklan televisi produk
perbankan menghasilkan temuan: iklan televisi yang berisikan kesenangan lebih
disukai dari pada iklan yang berisikan informasi untuk pemahaman. Dengan
demikian, konsep umum yang ditemukan pada penelitian ini adalah "pemaknaan
khalayak dan kontruksi ideologi pada iklan televisi merupakan suatu kesatuan
interpertasi dari simbol-simbol yang ada pada iklan tersebut sesuai latar belakang
khalayak. " -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.