Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar
Penelitian ini bertitik tolak dari fenomena yang mengindikasikan rendahnya
kualitas pelayanan pendidikan dasar di Kabupaten Donggala. Adapun ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120100232 351 Sus p/R.17.376 Perpustakaan Pusat (REF.17.376) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 351 Sus p/R.17.376Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xxiii,;270 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 351 Sus pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Susanti, Ani -
Penelitian ini bertitik tolak dari fenomena yang mengindikasikan rendahnya
kualitas pelayanan pendidikan dasar di Kabupaten Donggala. Adapun rumusan
masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan
transformasional terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar pada Kantor Dinas
Pendidikan Kabupaten Donggala.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan
transformasional dari Bass dan Riggio (empat dimensi kepemimpinan
transformasional) dan teori kualitas pelayanan dari Ndraha (empat dimensi kualitas
pelayanan).
Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode survai
eksplanatori. Mengingat jumlah populasi yang tidak terlalu besar, maka ditetapkan
seluruh anggota populasi (156 orang) sebagai responden penelitian (sensus).
Selanjutnya teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data primer, digunakan
kuesioner. Dalam hal ini pertanyaan yang terdapat di dalam kuesioner dijawab oleh
masing-masing responden yang dilibatkan dalam penelitian ini. Selain itu
penelitian ini juga menjaring data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan
penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar di
Kabupaten Donggala. Dimensi dari variabel kepemimpinan transformasional yang
memberikan kontribusi pengarnh terbesar adalah dimensi individual consideration,
selanjutnya disusul oleh dimensi inspirational motivation, dan dimensi intelectual
stimulation. Sedangkan dimensi yang memberikan kontribusi pengaruh paling kecil,
adalah dimensi inspirational motivation.
Konsep barn yang diajukan sebagai temuan penelitian ini, adalah:
"penerapan kepemimpinan transformasional lebih banyak ditentukan oleh dimensi
individual consideration' (pertimbangan individual). Hal itu didasarkan atas
kenyataan dilapangan yang menunjukkan dimensi ini sebagai dimensi yang paling
besar kontribusi pengaruhnya."
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.