Detail Cantuman

Image of Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar

 

Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar


Penelitian ini bertitik tolak dari fenomena yang mengindikasikan rendahnya
kualitas pelayanan pendidikan dasar di Kabupaten Donggala. Adapun ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120100232351 Sus p/R.17.376Perpustakaan Pusat (REF.17.376)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 Sus p/R.17.376
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxiii,;270 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 Sus p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertitik tolak dari fenomena yang mengindikasikan rendahnya
    kualitas pelayanan pendidikan dasar di Kabupaten Donggala. Adapun rumusan
    masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan
    transformasional terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar pada Kantor Dinas
    Pendidikan Kabupaten Donggala.

    Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan
    transformasional dari Bass dan Riggio (empat dimensi kepemimpinan
    transformasional) dan teori kualitas pelayanan dari Ndraha (empat dimensi kualitas
    pelayanan).

    Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode survai
    eksplanatori. Mengingat jumlah populasi yang tidak terlalu besar, maka ditetapkan
    seluruh anggota populasi (156 orang) sebagai responden penelitian (sensus).
    Selanjutnya teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data primer, digunakan
    kuesioner. Dalam hal ini pertanyaan yang terdapat di dalam kuesioner dijawab oleh
    masing-masing responden yang dilibatkan dalam penelitian ini. Selain itu
    penelitian ini juga menjaring data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan
    penelitian.

    Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional berpengaruh
    secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar di
    Kabupaten Donggala. Dimensi dari variabel kepemimpinan transformasional yang
    memberikan kontribusi pengarnh terbesar adalah dimensi individual consideration,
    selanjutnya disusul oleh dimensi inspirational motivation, dan dimensi intelectual
    stimulation. Sedangkan dimensi yang memberikan kontribusi pengaruh paling kecil,
    adalah dimensi inspirational motivation.

    Konsep barn yang diajukan sebagai temuan penelitian ini, adalah:
    "penerapan kepemimpinan transformasional lebih banyak ditentukan oleh dimensi
    individual consideration' (pertimbangan individual). Hal itu didasarkan atas
    kenyataan dilapangan yang menunjukkan dimensi ini sebagai dimensi yang paling
    besar kontribusi pengaruhnya."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi