Efektivitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasab Dalam Pacaran Pada Dewasa Muda
Siti Raudhoh (190420090017), Efektifitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif
Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan Dalam Pacaran ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140700230 615.851 2 Rau e/R.19.240 Perpustakaan Pusat (REF.19.240) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 615.851 2 Rau e/R.19.240Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xv, 172 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 615.851 2 Rau eTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Raudhoh,Siti -
Siti Raudhoh (190420090017), Efektifitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif
Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan Dalam Pacaran Pad a Dewasa Muda.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bentuk intervensi psikoedukasi yang
teruji efektif meningkatkan pemahaman dan kesediaan untuk menampilkan perilaku asertif
dalam mengembangkan relasi pacaran yang sehat pada individu dewasa muda.
Penelitian ini merupakan suatu evaluasi program terhadap program psikoedukasi Be
Assertive for Healthy Relationship. Program psikoedukasi terse but diujicobakan kepada
beberapa individuu dewasa awal usia 20-22 tahun, kemudian dievaluasi apakah program
tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesediaan partisipannya untuk
menampilkan perilaku asertif dalam mengembangkan hubungan pacaran yang sehat. Data
•
yang diperoleh dari uji coba program tersebut berupa hasil pretest dan posttest mengenai
pemahaman partisipan, hasil observasi, diskusi selama kegiatan, diari partisipan, serta hasil
pantauan pelaksanaan rencana tindakan dalam menampilkan perilaku asertif. Data pretest dan
posttest dianalisa dengan menggunakan program SPSS 16.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik, perbedaan signifikan
hanya terdapat pada pemahaman partisipan mengenai perilaku asertif setelah dan sebelum
mengikuti program psikoedukasi ini, sedangkan pernahaman tentang pacaran tidak. Akan
tetapi, data lainnya berupa hasil observasi dan hasil pantauan menunjukkan bahwa partisipan
mengalami peningkatan pengetahuan mengenai pacaran dan perilaku asertif. Dengan kata
lain, program psikoedukasi Be Assertive for Healthy Relationship ini berhasil meningkatkan
pemahaman partisipannya mengenai pacaran dan perilaku asertif.
Untuk penelitian selanjutnya, program ini dapat diberikan kepada pasangan pacaran
mengingat keberhasilan dua partisipan dalam mengembangkan hubungan pacarari yang 'sehat
dikarenakan kedua belah pihak dalam hubungan pacaran mereka menerapkan perilaku asertif.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.