Detail Cantuman

Image of Efektivitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasab Dalam Pacaran Pada Dewasa Muda

 

Efektivitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasab Dalam Pacaran Pada Dewasa Muda


Siti Raudhoh (190420090017), Efektifitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif
Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan Dalam Pacaran ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140700230615.851 2 Rau e/R.19.240Perpustakaan Pusat (REF.19.240)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    615.851 2 Rau e/R.19.240
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 172 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    615.851 2 Rau e
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Siti Raudhoh (190420090017), Efektifitas Intervensi Psikoedukasi Perilaku Asertif
    Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan Dalam Pacaran Pad a Dewasa Muda.

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bentuk intervensi psikoedukasi yang
    teruji efektif meningkatkan pemahaman dan kesediaan untuk menampilkan perilaku asertif
    dalam mengembangkan relasi pacaran yang sehat pada individu dewasa muda.

    Penelitian ini merupakan suatu evaluasi program terhadap program psikoedukasi Be
    Assertive for Healthy Relationship. Program psikoedukasi terse but diujicobakan kepada
    beberapa individuu dewasa awal usia 20-22 tahun, kemudian dievaluasi apakah program
    tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesediaan partisipannya untuk
    menampilkan perilaku asertif dalam mengembangkan hubungan pacaran yang sehat. Data



    yang diperoleh dari uji coba program tersebut berupa hasil pretest dan posttest mengenai

    pemahaman partisipan, hasil observasi, diskusi selama kegiatan, diari partisipan, serta hasil
    pantauan pelaksanaan rencana tindakan dalam menampilkan perilaku asertif. Data pretest dan
    posttest dianalisa dengan menggunakan program SPSS 16.0.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik, perbedaan signifikan
    hanya terdapat pada pemahaman partisipan mengenai perilaku asertif setelah dan sebelum
    mengikuti program psikoedukasi ini, sedangkan pernahaman tentang pacaran tidak. Akan
    tetapi, data lainnya berupa hasil observasi dan hasil pantauan menunjukkan bahwa partisipan
    mengalami peningkatan pengetahuan mengenai pacaran dan perilaku asertif. Dengan kata
    lain, program psikoedukasi Be Assertive for Healthy Relationship ini berhasil meningkatkan
    pemahaman partisipannya mengenai pacaran dan perilaku asertif.

    Untuk penelitian selanjutnya, program ini dapat diberikan kepada pasangan pacaran
    mengingat keberhasilan dua partisipan dalam mengembangkan hubungan pacarari yang 'sehat
    dikarenakan kedua belah pihak dalam hubungan pacaran mereka menerapkan perilaku asertif.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi