Positive Self-Talk Sebagai Intervensi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Dalam Situasi Bertemu Dengan Anak Seusia yang Belum Dikenal Pada Anak Perempuan Usia 9-13 Tahun Yang Mengalami Social Anxiety
LUCIA VONI PEBRIANI. Positive Self Talk Sebagai Intervensi Untuk
Menurunkan Tingkat Kecemasan dalam Situasi Bertemu dengan Orang
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0100113070027 155.4 peb p/R.19.59 Perpustakaan Pusat (REF.19.59) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 155.4 peb p/R.19.59Penerbit Magister Psikologi : Bandung., Pasca Sarjana Unpad Deskripsi Fisik xx, 164 hlm. ; il. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.4 peb pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab 155.4 Peb p -
LUCIA VONI PEBRIANI. Positive Self Talk Sebagai Intervensi Untuk
Menurunkan Tingkat Kecemasan dalam Situasi Bertemu dengan Orang
Yang Belum Dikenal Pada Anak Perempuan Usia 9-13 Yang Mengalami
Social Anxiety •
Pembimbing : Dra.Hj.Lenny Kendhawati, M.Si dan Dra. Marisa F.
Moeliono, M.Pd
Penelitian ini dilakukan atas dasar dampak dari kecemasan sosial atau
Social Anxiety yang dialami oleh anak usia 9-13 tahun yang merupakan masa
anak-anak madya, dimana pengalaman kognisi dan perasaan yang muncul karena
adanya persepsi dievaluasi negatif oleh orang lain yang mencakup ketergugahan
fisiologis yang tidak menyenangkan dan perasaan takut yang muncul ketika
berinteraksi dengan orang lain, membuatnya terhambat untuk dapat menjalin
interaksi sosial serta membangun dan mempertahankan hubungan pertemanan.
Fenomena mengenai anak usia 9-13 tahun yang mengalami Social Anxiety
ditemukan pada jenjang kelas IV-VI Sekolah Dasar di Kota B. Secara khusus
pada penelitian ini situasi interaksi sosial yang dimaksud adalah situasi bertemu
dengan anak seusianya yang belum dikenal.
Dengan mempertimbangkan dasar bahwa komponen utama yang
mendasari social anxiety adalah komponen kognitif yaitu adanya ketakutan yang
besar akan dinilai atau dievaluasi negatif oleh orang lain (Bandelow, 2004), serta
produk atau operasional dari kognisi adalah self talk, dimana pada anak yang
mengalami Social Anxiety dipengaruhi oleh negative self talk, maka peneliti
mencoba menurunkan tingkat kecemasan anak-anak usia 9-13 tahun yang
mengalami Social Anxiety dengan menggunakan intervensi Positive Self Talk dari
Bloch (2003), khusus pada situasi bertemu dengan orang yang belum dikenalnya.
Intervensi ini dilakukan pada 2 orang partisipan yang sudah didiagnosa Social
Anxiety oleh psikolog. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain
single subject AEA design. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah
dilakukannya intervensi Positive Self Talk dengan mcara roleplay bertemu dengan
anak seusia yang belum dikenalnya, kemudian partisipan melakukan self rating
mengenai kecemasan yang dirasakannya dengan menggunakan Self Rating Social
Anxiety (SRSA) dan juga observasi perilaku oleh observer. Perbedaan hasil SRSA
sebelum dan sesudah intervensi serta hasil observasi perilaku menunjukan
penurunan tingkat kecemasan pada kedua partisipan. Hal ini menunjukan bahwa
Positive Self talk dapat menurunkan tingkat kecemasan dalam situasi bertemu
dengan orang yang belum dikenal pada anak perempuan usia 9-13 yang
mengalami Social Anxiety. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.