Masyarakat muslim dunia ketiga dalam karya V.S. Naipaul : among the believers: an islamic journey dan beyond belief: islamic excorsions among the converted peoples
Tesis ini membahas bagaimana masyarakat muslim dunia ketiga dipersepsi
dalam dua karya travel writing V.S. Naipaul Among the Believers: An ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110700277 801.3 Nur m/R.18.238 Perpustakaan Pusat (REF.18.238) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 801.3 Nur m/R.18.238Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik viii,;128 hlm,;29,5 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 801.3 Nur mTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Nurholis -
Tesis ini membahas bagaimana masyarakat muslim dunia ketiga dipersepsi
dalam dua karya travel writing V.S. Naipaul Among the Believers: An Islamic
Journey (1981) dan Beyond Belief Islamic Excursions among the Converted
Peoples (1998) yang menelaah bagaimana narator memosisikan diri dan
berstrategi dalam menceritakan kisahnya. Dalam proses penceritaannya, posisi
dan cara narator berkisah menjadi sangat bermasalah sa at ia berpihak dan
kemudian memilah kisah yang ia sampaikan atau informasi yang ditahan.
Keberpihakan dan pemilahan ini mengakibatkan terciptanya kesenjangan
informasi yang berujung kepada digiringnya pembaca untuk menelan mentah
mentah persepsi terhadap masyarakat Muslim di keempat negara yang disinggung
dalam catatan perjalanan tersebut dan memukul rata nilai-nilai yang mereka anut.
Alur cerita pun menjadi tidak utuh dan runut. Penelitian ini bertujuan untuk
menunjukkan cara pandang narator terhadap karyanya, dan mendeskripsikan
bagaimana posisi yang dipilihnya mempengaruhi dalam caranya mengisahkan.
Melalui pendekatan mimetik, narasi di dalam dua karya ini bersinggungan secara
nyata dengan semesta realitas, dengan konteks, atau dengan kata lain
menunjukkan kebenaran yang direpresentasikan dalam wacana narasi tersebut,
terutama yang berhubungan dengan konteks masyarakat Muslim dunia ketiga.
Dalam konteks ini pula pendekatan mimetik dapat dipahami sebagai sebuah
keberpihakan pada teori pascakolonial, karena konteks masyarakat dunia ketiga
merupakan istilah yang merujuk pada metafora umum tentang kondisi sosial
masyarakat di negara-negara berkembang atau bahkan terbelakang. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.