Pengelolaan Media Kampanye Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Barat
RINGKASAN PENELITIAN
Penelitian ini berjudul Pengelolaan Media Kampanye dalam Pemilihan
epala Daerah Kabupaten/Kota di ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140900142 302.2 Pen/R.62.60 Perpustakaan Pusat (REF.62.60) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Pen/R.62.60Penerbit Puslitbang KPK LPPM Unpad : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik iv,;111 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 PenTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Slamet Mulyana -
RINGKASAN PENELITIAN
Penelitian ini berjudul Pengelolaan Media Kampanye dalam Pemilihan
epala Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan
penelitian lanjutan (tahap II) untuk skema penelitian unggulan perguruan tinggi.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa media memegang peranan
penting dalam konteks politik seperti pemilu termasuk pilkada. Pengelolaan media
kampanye merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh
pasangan kandidat dan dikelola dengan profesional sehingga dapat memberikan
dampak signifikan untuk mempengaruhi masyarakat pemilih.
Dengan mempertimbangkan hasil penelitian tahap I dan untuk
memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai pentingnya
pengelolaan media kampanye khususnya dalam pemilihan kepala daerah di
tingkat apapun, Tim Peneliti berpendapat diperlukan penelitian lanjutan dengan
eakupan yang berbeda berkenaan dengan wilayah penelitian atau dengan metode
pendekatan yang berbeda atau dengan fokus penelitian yang lebih bervariasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis
hubungan antara pengelolaan media kampanye dengan keputusan memilih
masyarakat dalam pemilihan kepala daerah kabupatenlkota di Provinsi Jawa
Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
orelasional. Metode penelitian korelasional yaitu suatu metode yang digunakan
untuk meneliti hubungan antara variabel-variabel dan meneliti sejauhmana variasi
pada satu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain. Responden penelitian
adalah masyarakat Jawa Barat yang mempunyai hak pilih dalam pilkada, dipilih
secara random pada dua wilayah kabupatenlkota. Pengumpulan data dilakukan
melaui penyebaran angket, wawancara dan studi dokumentasi.
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat, baik untuk pengembangan
keilmuan maupun dari aspek praktik. Luaran penelitian akan menghasilkan
model dan bahan ajar yang menjelaskan keterkaitan antara pengelolaan media
kampanye dengan perilaku masyarakat dalam memilih pasangan kandidat dalam
pemilihan kepala daerah, khususnya di kabupatenlkota di Provinsi Jawa Barat.
Hasil penelitian akan diajukan sebagai sebuah kajian dalam jurnal ilmiah, baik
level nasional maupun level intemasional, serta diharapkan dapat dipresentasikan
dalam seminar nasional ataupun seminar intemasional.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.