Pengaruh Faktor-Faktor Kewirausahaan Terhadap Inovasi Varian Rasa Keripik Karuhun Dan Inplikasinya Terhadap Kepuasan Pelanggan
Irwan, Pengaruh Faktor-faktor Kewirausahaan terhadap Inovasi Varian Rasa
Keripik Karuhun dan implikasiya pada Kepuasan Pelanggan, di bawah ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001150700272 338.04 Irw p/R.12.53 Perpustakaan Pusat (REF.12.53) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 338.04 Irw p/R.12.53Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik x, 141 hlm. Ilus : 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 338.04Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Irwan -
Irwan, Pengaruh Faktor-faktor Kewirausahaan terhadap Inovasi Varian Rasa
Keripik Karuhun dan implikasiya pada Kepuasan Pelanggan, di bawah bimbingan
Prof. Dr. H. Yuyun Wirasasmita, M.Sc, dan Yudi Azis, SE, S.Si, S.Sos, MT, PhD
Jiwa dan semangat kewirausahaan memainkan peranan yang sangat penting
dalam dunia bisnis dan ekonomi dewasa ini. Semangat kewirausahaan dianggap
perlu dibangun sejak dini sebagai fondasi di masa depan agar lapangan kerja semakin
terbuka lebar dengan iklim bisnis yang penuh dengan inovasi. Semangat
kewirausahaan untuk mencipta ini harus dilengkapi pula dengan inovasi-inovasi yang
bermanfaat, sehingga nantinya dunia usaha akan dapat bersaing dan memberikan
iklim investasi yang baik untuk investor.
Dalam penelitian ini akan dibahas pengaruh faktor-faktor wirausaha (Zach's
star of success) yang terdiri dari Knowledge, Network, Energy, Commitmen,
Passion, baik secara simultan maupun parsial terhadap keberhasilan inovasi varian
rasa produk keripik singkong Karuhun dan implikasinya. terhadap kepuasan
pelanggan CV. Saung Karuhun Berkah di Bandung.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian
descriptive survey dan causal explanatory. Data penelitian diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner. Hasil pengumpulan data dengan
sumber primer diperoleh dari jumlah sampel sebanyak 90 responden. Metode analisis
yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa faktor-faktor kewirausahaan
(zach's star model) yang terdiri atas knowledge, network, energy, commitment dan
passion secara simultan memberi pengaruh terhadap inovasi varian rasa keripik
Singkong Karuhun sebesar 54,3%. Sedangkan secara parsial, masing-masing secara
berturut-turut terhadap inovasi varian rasa keripik singkong memberikan pengaruh
positifyaitu knowledge sebesar 4.9%, network sebesar 15.7%, energy sebesar 6.02%,
commitment sebesar 11.16% dan Passion sebesar 22.85%. Selain itu, secara parsial
inovasi varian rasa keripik singkong karuhun juga berpengaruh positif terhadap
Kepuasan pelanggan sebesar 21.7%.
Penelitian ini membuktikan bahwa faktor kewirausahaan passion memiliki
pengaruh paling besar terhadap inovasi varian rasa keripik singkong. Setelah itu
secara berturut tu rut network, commitment, energy dan knowledge. Di sisi lain,
kepuasan pelanggan sebaiknya dievaluasi dengan selalu memperhatikan opini yang
diberikan oleh pelanggan, guna meningkatkan kemajuan dan keuntungan perusahaan.
Sehingga perusahaan dapat mengungguli persaingan dengan para pengusaha Keripik
Singkong yang ada di Bandung.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.