Text
KONSEP DIRI PARA YOUTUBER KOTA BANDUNG STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI KONSEP DIRI PARA YOUTUBER DI KOTA BANDUNG
Aehwan Noorlistyo Adi, 210120160007, 2018. "Konsep Diri You'Iuber Kota
Bandung". Dibimbing oleh Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M. Si selaku ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030008284 302.259 824 32 Ach k Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 300) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.259 824 32 Ach k/R.21.210.4Penerbit Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD : Jatinangor., 2018 Deskripsi Fisik xii, 302 hlm. ; ill. ; 29,5 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.259 824 32Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab Achwan Noorlistyo Adi -
Aehwan Noorlistyo Adi, 210120160007, 2018. "Konsep Diri You'Iuber Kota
Bandung". Dibimbing oleh Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M. Si selaku ketua
pembimbing clan Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, M. Si sebagai anggota tim
pembimbing. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu
Komunikasi, Universitas Padjadjaran .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif menjadi seorang
YouTuber, untuk mengetahui pengalaman You'Iuber dalam membentuk identitas
virtualnya, dan untuk mengetahui makna subscriber bagi YouTuber.
Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan
kualitatif dan metode fenomenologi Alferd Schutz. Teknik pengumpulan data
penelitian yang paling utama digunakan adalah wawancara mendalam kepada 6
(enam) orang key informant yang merupakan YouTuber Kota Bandung. Lokasi
dalam penelitian adalah rumah Kery, apartment Minyo, apartment Royan, Kantor
Layaria, kosan Hisqie dan kantor Octagon Studio. Adapun pelaksanaan
wawancara dan observasi dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan, terbitung mulai
tanggal 20 Oktober 2017 - 20 Januari 2018.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif key informant membuat
YouTube Channel dan berkarya di YouTube karena iseng, ingin menjadi film
maker, ingin mandiri, karena senang dengan proses kreatif, bisa menghasilkan
uang, bisa menyampaikan keresahan sehari-hari, senang menonton You Tube,
mencari popularitas, menyalurkan hobi. Mereka pun berharap ekosistem YouTube
menjadi lebih baik, ingin membuat produk sendiri, ingin meningkatkan kualitas
video, ingin selalu mendapatkan feedback. Key informant memiliki konsep diri
yang positif, memiliki kebanggaan dan merasa berharga, serta memiliki identitas
virtual yang unik. Subscriber dimaknai sebagai teman, supporter, indikator rate
card, keluarga, dan pemberi feedback.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.