Detail Cantuman

Image of Kajian Ruang Kreativitas Anak Dalam Menunjang Kegiatan Edukatif dan Rekreatif di Museum Tektil Jakarta

Text  

Kajian Ruang Kreativitas Anak Dalam Menunjang Kegiatan Edukatif dan Rekreatif di Museum Tektil Jakarta


ABSTRAK

Museum Tekstil Jakarta mengejawantahkan aspek tujuan pendidikan dan
kesenangan yang dicanangkan ICOM dengan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140700266069 Ari kPerpustakaan Pusat (Referensi 18.4)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    069 Ari k
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxii, 227 hlm. Ilus ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    180120125001
    Klasifikasi
    069 Ari k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    Referensi
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Museum Tekstil Jakarta mengejawantahkan aspek tujuan pendidikan dan
    kesenangan yang dicanangkan ICOM dengan mengembangkan kegiatan edukatif
    rekreatif bagi generasi muda khususnya usia anak-anak (usia prasekolah dan
    sekolah) dengan tujuan meningkatkan angka kunjungan serta apresiasi para
    pelajar terhadap koleksi yang dihimpun dan dipamerkan oleh Museum Tekstil
    Jakarta. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk wisata terpadu yaitu kunjungan
    ke ruang pamer sebagai objek utama serta kunjungan ke taman pewarna alam, ke
    auditorium untuk menyaksikan film batik dan ke ruang kreativitas anak untuk
    mencoba membuat batik.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ruang kreativitas anak, ragam
    kegiatan yang berjalan saat ini, serta merumuskan langkah-langkah untuk
    mengoptimalkan fungsi ruang kreativitas anak dalam menunjang kegiatan
    edukatif rekreatif di Museum Tekstil Jakarta. Metode yang digunakan adalah
    metode kualitatif dengan menerapkan analisis SWOT dan SMART. Ruang
    lingkup kajian adalah semua data yang berkaitan dengan aspek internal dan
    eksternal ruang kreativitas anak di Museum Tekstil Jakarta.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang kreativitas anak dalam
    perkembangan fungsinya lebih menjadi fokus utama, sebaliknya ruang pameran
    koleksi justru menjadi kurang mendapat perhatian para peserta kegiatan
    kreativitas. Pelaksanaan kegiatan kreativitas anak juga masih kurang menerapkan
    prinsip-prinsip pendidikan, belum mengangkat potensi aneka ragam koleksi yang
    dihimpun Museum Tekstil serta masih kurangnya muatan rekreasi baik dalam
    kemasan fasilitas, program maupun cara penyajiannya.

    Strategi optimalisasi ruang kreativitas anak di Museum Tekstil Jakarta
    adalah dengan mengintegrasikan serta mensinergikan peluang dengan kekuatan,
    kelemahan dan ancaman mencakup 4 (empat) aspek yaitu lokasi dan fasilitas,
    program, sumber daya manusia dan promosi.

    Kata Kunci: ruang kreativitas anak, pameran koleksi, edukatif rekreatif,
    optimalisasi fungsi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi