Detail Cantuman

Image of Tema-Tema Fantasi dan Nilai-Nilai Kelompok Pensiunan Marinir di Depok

 

Tema-Tema Fantasi dan Nilai-Nilai Kelompok Pensiunan Marinir di Depok


ABSTRAK
Penelitian mengenai tema-tema fantasi dan nilai-nilai kelompok pensiunan Marinir di Depok ini dilakukan dengan menggunakan teori ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140100060302.2 Pus t/R.17.113Perpustakaan Pusat (REF.17.113)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Pus t/R.17.113
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    381 hln,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Pus t
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Penelitian mengenai tema-tema fantasi dan nilai-nilai kelompok pensiunan Marinir di Depok ini dilakukan dengan menggunakan teori konvergensi simbolik sebagai teori utama, dan teori naratif serta teori dramatisrne sebagai teori pendukungnya. Melalui paradigma subyektif-interpretif, dengan metode analisis tema fantasi.
    Subyek penelitian ini adalah anggota pensiunan Marinir yang tinggal di Tanah Baru dan Rangkapan Jaya Baru, Depok. Obyek penelitian ini adalah aspek komunikasi berupa simbol verbal dan non verbal para anggota pensiunan Marinir dalam mengungkapkan tema-tema fantasi mereka. Teknik pengambilan sampling dengan Purposive sampling dan snowball sampling. Informan berjumlah 13 orang. Penelitian ini berusaha mengungkapkan tema fantasi kelompok pensiunan Marinir di Depok melalui elernen-elemen setting, karakter, dan aksi, mengidentifikasi visi retoris kelompok pensiunan Marinir di Depok, serta mengidentifikasi nilai-nilai kelompok pensiunan Marinir di Depok.
    Hasil penelitian menunj ukkan bahwa cerita para pensiunan Marinir di Depok merupakan jembatan yang menghubungkan pengalaman para anggota pensiunan Marinir dalam peristiwa-peristiwa di masa lalu dengan keadaan masa sekarang dan terbentuknya perilaku yang muncul dalam bentuk nilai-nilai, budaya dan perilaku komunikasi din para pensiunan Marinir di Depok. Tema-tema fantasi yang teridentifikasi dalam retoris kelompok pensiunan Marinir di Depok adalah tema Veteran (tahun tugas di Timor-Timur yang mendapat pengakuan Veteran, serta alasan mengapa tidak menjadi anggota Veteran), tema perang di Timor¬Timur (komandan, lokasi dan keadaan pertempuran, musibah, pratugas), tuna
    teman Marinir (kisah saat dahulu, keadaan saat kebanggaan terhadap korps
    (kriteria yang berat unuk bisa menjadi Marinir, sifat anggota Marinir, dibanggakan oleh korps lain dan disukai masyarakat), dan tema karakter (pahlawan dan penjahat).
    Visi retoris yang muncul adalah kebanggaan terhadap kelompok, dan keinginan untuk diterima dan melekatkan din pada identitas kelompoknya. Nilai-nilai kelompok pensiunan Marinir di Depok termanifestasikan dalam nilai-nilai keberanian, kesetiaan, kebanggaan, dan harga din. Rasionalitas naratif para anggota pensiunan Marinir terpenuhi karena memenuhi standar koherensi, yakni dapat diterima secara logika, dan memenuhi standar ketaatan, konsisten dalam setiap bagiannya, dapat dipercaya, mengandung nilai kehenaran, sehingga memenuhi persyaratan rasionalitas naratif.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi