KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM PEMASARAN ASURANSI
ABSTRAK
Penelitian tentang komunikas antarpribadi dalam pemasaran asuransi ini didasarkan pada asumsi bahwa komunikasi antarpribadi merupakan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001130100102 302.2 San k/R.17.123 Perpustakaan Pusat (REF.17,123) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 San k/R.17.123Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xviii,;663 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 San kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab PRASETYA YOGA SANTOSO -
ABSTRAK
Penelitian tentang komunikas antarpribadi dalam pemasaran asuransi ini didasarkan pada asumsi bahwa komunikasi antarpribadi merupakan elemen dasar dari sernua kegiatan yang harus dilakukan dal= pemasaran asuransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan agen tentang konsep asuransi dan komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi, strategi dan implementasi komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi, serta persepsi nasabah tentang konsep asuransi dan agen asuransi.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan paradigms konstruktivisme dan pendekatan kualitatif interpretif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 11 agen asuransi dan 12 nasabah asuransi di Jakarta, yang dipilih secara purposif berdasarkan kesediaannya untuk mengungkapkan hal yang diketahuinya tentang asuransi. Penelitian dilakukan dalam tahun 2011 sampai dengan awal tahun 2012.
Melalui wawancara mendalam dan observasi didapatkan data berupa ungkapan agen asuransi dan nasabah asuransi serta basil pengamatan tentang agen asuransi, yang dianalisis dalam konteks komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi. Hasil analisis yang didapatkan berupa model pemaknaan agen tentang konsep asuransi, model pemaknaan agen tentang komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi, model strategi dan implementasi komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi, serta model persepsi nasabah tentang konsep asuransi dan agen asuransi.
Ditemukan bahwa pemaknaan agen asuransi tentang konsep asuransi menghasilkan makna esensial asuransi sebagai "bisnis dengan tantangan dan menjual aktif", sedangkan pemasaran asuransi difokuskan sebagai "penjualan personal dengan keterbatasan pilihan harga dan produk". Setelah itu, ditemukan pemaknaan agen tentang komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi yang menghasilkan makna esensial komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi sebagai "menjual harapan dengan mengharap", yang selanjutnya merupakan landasan untuk melahirkan strategi dan implementasi komunikasi antarpribadi dalam pemasaran asuransi sebagai persiapan dan aksi menjual harapan dengan mengharap dalam bentuk strategi dan aksi ofensif atau strategi dan aksi defensif.
Selain itu, ditemukan juga bahwa persepsi esensial nasabah tentang konsep asuransi adalah asuransi sebagai investasi tabungan dengan disiplin dan hemat untuk masa depan, sedangkan persepsi esensial nasabah tentang agen asuransi menyatakan bahwa informasi dari agen asuransi sebagai informasi penting sebelum membeli asuransi.
vi
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.