REVITALISASI TVRI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PUBLIK
Disertasi denganjudul REVITALISASI TVRI DALAM MEMBANGUN CITRA
POSITIF PUBLIK bermaksud mengkaji upaya-upaya TV RI dalam memenuhi
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120100149 302.2 Ami r/R.17.60 Perpustakaan Pusat (REF.17.60) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Ami r/R.17.60Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xi,;375 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 AmirTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
Disertasi denganjudul REVITALISASI TVRI DALAM MEMBANGUN CITRA
POSITIF PUBLIK bermaksud mengkaji upaya-upaya TV RI dalam memenuhi
fungsinya sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang dituangkan dalam Peraturan
Pemerintah Nomor 12 Tahun 2005.
Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Dimana pimpinan TVRI,
Pegawai TVRI, Pegawai Pemerintah di luar Lembaga TVRI, Pegawai Swasta,
Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga sebagai informan. Data diperoleh dengan
wawancara mendalam, pengamatan ke lapangan pelaksanaan program TVRI,
pengamatan berperan serta dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian mengungkapkan; Bahwa TVRI· telah melakukan upaya-upaya
dalam membangun Citra Positif Publik, baik upaya-upaya ke dalam (internal) dan ke
luar ( eksternal ), namun di dalam perjalanannya TVRI banyak menghadapi kendala,
kendala ke dalam maupun ke luar.
Dalam konteks komunikasi ke luar (eksternal), TVRI mengalami dualisme, satu
SISI untuk memenuhi fungsinya sebagai Lembaga Penyiaran Publik, sisi lain adalah
menghadapi kepentingan politik yang bermain dalam penentuan kelangsungan
berkiprahnya TVRI, namun ini menjadikan TVRI lebih dapat berperan untuk dapat
menentukan mau dibawa kemana TVRI.
Komunikasi ke dalam (internal ) berhadapan tidak hanya dengan jumlah
Sumber Daya Manusia yang saat ini sangat membutuhkan dari peningkatan kualitas
tetapi juga Sumber Daya Sarana Prasarana yang belum mendukung secara maksimal.
Kendala komunikasi ke dalam membawa TVRI untuk lebih menumbuhkan kesadaran
bahwa sebagai TV Publik yang memiliki Citra Positif terhadap Publik, harus memiliki
Program Tayangan yang memperhatikan Kebutuhan Publik, Kemasan yang Menarik
dan Tayangan yang selalu Fresh dan creative.
Kedua strategi yang telah dilakukan oleh TVRI tersebut, baik strategi ke dalam
maupun ke luar, telah telihat hasilnya dengan kepercayaan yang ditunjukkan oleh
Publik dengan pemyataan bahwa TVRI dalam Program Tayangannya selalu tetap
menjaga nilai-nilai yang ada di negara Indonesia tercinta. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.