HUBUNGAN QUALITY OF WORK LIFE PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD BERKAH PANDEGLANG
Perawat sebagai kelompok terbesar di pelayanan kesehatan harus
mendapatkan kualitas kehidupan kerja yang memuaskan untuk bisa memberikan
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030007153 610.73 Her h/R.22.37 Perpustakaan Pusat Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 610.73 Her h/R.22.37Penerbit MAGISTER KEPERAWATAN UNPAD : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik xvii, 99 hlm. ; ill. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 610.73 Her h/R.22.37Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi 2015Subyek Info Detil Spesifik TesisPernyataan Tanggungjawab HERU KHOERULLAH -
Perawat sebagai kelompok terbesar di pelayanan kesehatan harus
mendapatkan kualitas kehidupan kerja yang memuaskan untuk bisa memberikan
pelayanan yang berkualitas kepada pasien. Kualitas kehidupan kerja memiliki
dampak penting terhadap kepuasan pasien yang berhubungan dengan mutu
pelayanan. Kualitas kehidupan kerja akan berpegaruh langsung terhadap kepuasan
kerja dan akan meningkatkan kualitas layanan pada pasien rumah sakit. Pelayanan
dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan
harapan. Permasalahan dalam beberapa dimensi quality of work life yaitu
ketidakmampuan menyeimbangkan pekerjaan dengan kebutuhan keluarga, tidak
memadai waktu libur untuk perawat dengan keluarga, pengaturan peran dan tugas
perawat yang belum sesuai dengan SAK (Satuari Asuhan Keperawatan),
kurangnya jumlah perawat di ruangan, kurangnya kesempatan pengembangan
profesional, lingkungan yang kurang baik dalam hal tingkat keamanan, pandangan
masyarakat tentang perawat masih belum banyak melaksanakan tindakan
keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
Quality of Work Life Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Berkah
Pandeglang.
Metode penelitian ini adalah potong lintang, dengan teknik sampling yang
digunakan adalah quota sampling. Dalam waktu dua minggu didapat jumlah
sample sebanyak 136 orang, data di ambil menggunakan kuisioner, analisa data
menggunakan korelasi Pearson product moment.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa tidak terdapat hubungan antara
Quality of Work Life perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Berkah
Pandeglan (p value = 0,170> 0,05).
Dari hasil penclitian ini meskipun secara umum didapatkan bahwa
gambaran QOWL Perawat sudah melebihi tidak tampak yang berarti baik, tetapi
kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan belum sesuai harapan. Oleh
karena ituperlu dicari faktor- faktor lain di luar QOWL Perawat yang mungkin
berkontribusi terhadap kepuasan pasien, sehingga dapat dilakukan perbaikan.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.