Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Polimorfisme Gen Pregnane X Receptor Pada Penderita Tuberkulosis


Salah satu penyakit penyebab kematian utama di dunia yang disebabkan oleh infeksi adalah Tuberkulosis. Obat anti tuberkulosis (rifampisin) adalah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021141000065Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3000
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3000
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Salah satu penyakit penyebab kematian utama di dunia yang disebabkan oleh infeksi adalah Tuberkulosis. Obat anti tuberkulosis (rifampisin) adalah aktivator gen Pregnane X Receptor (PXR/NR1I2) yang merupakan mediator seluler yang merespon xenobiotik seperti mediator fungsi dalam produksi gen cythochrome P-450 3A4 (CYP3A4). Telah ditemukan polimorfisme gen PXR di berbagai negara yang mempengaruhi terapi obat penderita tuberkulosis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi Single Nucleotide Polymorphismpolimorfisme nukleotida tunggal (SNP) gen PXR pada penderita tuberkulosis di Indonesia (n=42) dan mengetahui frekuensi penyebaran genotip untuk dibandingkan dengan frekuensi polimorfisme gen PXR dengan orang-orang di Kaukasia dan Afrika-Amerika yang dilaporkan dalam literatur. SNP gen PXR dianalisis dengan menggunakan PCR-ARMS (Polymerase Chain Reaction - Amplification Refractory Mutation system). Pada penelitian ini, Dditemukan 811 polimorfisme gen -25385C>T di Indonesia dengan frekuensi 19,05% (p=0,05) lebih rendah dibandingkan Kaukasia Amerika (65%) dan Afrika Amerika (68%). Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan ditandai dalam frekuensi mutan -25385C>T dari PXR antara Indonesia dan kelompok etnis lainnya. Frekuensi mutan di wilayah pengkodean (untranslated region) dari PXR cukup rendah di Indonesia.
    Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dampak dari SNP PXR di Indonesia dan populasi etnis lainnya pada aktivitas fenotopik sitokrom P450 dan transporter obat transaktif oleh PXR.
    Kata kunci : tuberkulosis, polimorfisme gen, Pregnane X Receptor, PCR-ARMS, rifampisin, Indonesia
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi