Detail Cantuman

Image of Pengaruh service climate terhadap kualitas pelayanan karyawan front-line

 

Pengaruh service climate terhadap kualitas pelayanan karyawan front-line


PT. Pos Indonesia (Persero) menghadapi persaingan yang ketat dalam
bisnis jasa kurir. Kemajuan teknologi komunikasi dan permintaan customer ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700111158.7 Sem p/R.19.182Perpustakaan Pusat (REF.19.182)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    158.7 Sem p/R.19.182
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 146 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    158.7 Sem p/R.19.182
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • PT. Pos Indonesia (Persero) menghadapi persaingan yang ketat dalam
    bisnis jasa kurir. Kemajuan teknologi komunikasi dan permintaan customer yang
    makin beragam menjadikan PT. Pos Indonesia (Persero) hams meningkatkan
    kualitas pelayanan kepada costomer agar tetap eksis dalam persaingan bisnis jasa
    kurir. Kantor Pos Bandung (40000) merupakan kantor pos terbesar dan memiliki
    fasilitas terlengkap di kota Bandung. Kantor Pos ini berfungsi memberikan
    pelayanan langsung kepada customer. Pelayanan kepada customer dilakukan oleh
    karyawanfront-line yang berada pada loket-loket pelayanan. Para karyawanfront­
    line bertemu dengan customer secara langsung sehingga citra mereka dan
    perusahaan akan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh
    karyawan front-line. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kualitas
    pelayanan para karyawan front-line, salah satunya adalah persepsi karyawan
    front-line adalah service climate, Service climate adalah persepsi karyawan dalam
    organisasi terhadap kebijakan, praktik dan prosedur dalam organisasi yang
    mendukung dan memberikan reward terhadap perilaku-perilaku yang
    menciptakan dan memberikan service excellence. Hal ini membuat peneliti
    tertarik untuk melihat pengaruh antara service climate dengan kualitas pelayanan
    karyawan front-line.

    Subjek penelitian adalah karyawan front-line Kantor Pos Bandung (40000)
    yang berjumlah 37 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah service climate
    dengan empat dimensi yaitu service leadership practices, service encounter practices;
    service system practices, dan Human Resources Management practices. Variabel
    terikatnya adalah kualitas pelayanan karyawan front-line yang terdiri dari tangible,
    reliability, responsiveness, assurance dan empathy.

    Hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis regresi. Hasil
    menunjukkan bahwa service climate memiliki hubungan yang signifikan terhadap
    kualitas pelayanan karyawan front-line sebesar 0, 35 dengan kontribusi sebesar
    12,7%. Dimensi service leadership practices memiliki pengaruh yang signifikan
    sedangkan dimensi service encounter practices, service system practices dan Human
    Resources Management practices memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap
    kualitas pelayanan karyawan front-line. Service leadership practices merupakan
    dimensi yang memberikan kontribusi terbesar terhadap kualitas pe/ayanan karyawan
    front-line dibandingkan dimensi-dimensi lainnya. Service climate pada Kantor Pos
    Bandung (40000) berada dalam kategori cenderung positif dan kualitas pelayanan
    karyawan front-line pada kategori baik (pelayanan aktual sesuai dengan standar
    perusahaan). Dimensi tangible merupakan dimensi tertinggi dan reliability
    merupakan dimensi terendah. Dari hasil penelitian dirancang dua program intervensi
    untuk meningkatkan dan memelihara kualitas pelayanan karyawan front-line di
    Kantor Pos Bandung (40000) yaitu training service leadership bagi para supervisor
    dan koseling kelompok bagi para karyawanfront-line .
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi