Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengukuran Kualitas Dan Upaya Peningkatan Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah "45" Kuningan


Abstrak
Rumah sakit yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan, tidak hanya melayani orang sakit tetapi juga harus memperhatikan aspek kepuasan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021150700005Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    43
    Penerbit Fak. Farmasi Unpad : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    43
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Abstrak
    Rumah sakit yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan, tidak hanya melayani orang sakit tetapi juga harus memperhatikan aspek kepuasan bagi pengguna jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik pelanggan menyebabkan perbedaan yang signifikan pada kepuasan pelanggan, mengungkap atribut pelayanan yang perlu mendapat perhatian untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan, dan mengetahui gap antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD "45" Kuningan ditinjau dari dimensi Servqual yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Untuk menentukan tindakan-tindakan operasional yang harus dilakukan dalam meningkatkan atribut layanan farmasi RSUD "45" Kuningan telah dilakukan analisa menggunakan metode campuran (Mixed Methods) yaitu kombinasi antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah non eksperimental dengan sampel penelitian pelanggan farmasi rawat jalan di RSUD "45" Kuningan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dari pelanggan rawat jalan, teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Hasil penelitian mengunakan analisis Pearson Corelation menunjukkan dimensi mutu pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan dengan nilai tangible (r = 0,793 ; p<0,001), relibility (r = 0,763 ; p<0,001), responsiveness (r = 0,860 ; p<0,001), assurance (r = 0,729 ; p<0,001), empathy (r = 0,786 ; p<0,001) dan R2 = 0,816. Simpulan dari penelitian ini adalah masih terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas dimensi mutu pelayanan farmasi rawat jalan, dari lima dimensi mutu hanya empat dimensi yang berpengaruh kuat terhadap kepuasan pelanggan yaitu tangible, reliability, responsiveness, dan assurance.

    Kata kunci : Dimensi mutu, servqual, mixed methods, kepuasan pelanggan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi