Detail Cantuman

Image of Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pemberitaan Detik.Com : Analisis Framing Model Robert M. Entman pada Pemberitaan Korupsi Massal DPRD Kota Malang di Media Online Detik.com Edisi 3-5 September 2018 dalam Mengonstruksikan Citra PDIP

Skripsi  

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pemberitaan Detik.Com : Analisis Framing Model Robert M. Entman pada Pemberitaan Korupsi Massal DPRD Kota Malang di Media Online Detik.com Edisi 3-5 September 2018 dalam Mengonstruksikan Citra PDIP


ABSTRAK

Muhammad Fairuz Satria Ananda, 210310150040. Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1B1708345.013 242 MUH pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1B)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    345.013 242 MUH p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 200 hlm.: Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    345.013 242 MUH p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Muhammad Fairuz Satria Ananda, 210310150040. Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Pemberitaan Detik.com” dengan Dr. Suwandi Sumartias, M.Si, sebagai pembimbing utama dan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si, sebagai pembimbing pendamping.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi citra PDIP dari pembingkaian berita mengenai PDIP sebagai fraksi terbanyak yang anggotanya korupsi dalam peristiwa korupsi massal DPRD Kota Malang oleh media online Detik.com. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan studi analisis framing Robert M. Entman sebagai landasan konseptual dengan konsepsi framing Entman yaitu pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian dari sisi wartawan; menggunakan teori konstruksi sosial media massa sebagai landasan teoritis. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumen. Teknik validitas dan reliabilitas: triangulasi teknik.

    Hasil penelitian dari framing yang dilakukan oleh media online Detik.com terhadap kasus korupsi massal DPRD Kota Malang dalam mengonstruksi citra PDIP sebagai partai yang paling banyak korupsi adalah cenderung netral karena memberitakan dengan cover both side, meskipun wartawan Detik.com memasukan opini dalam penulisan judul dan pemilihan gambar dalam berita. Walaupun cenderung keberpihakan Detik.com cenderung netral, karena Detik.com hanya memamaparkan fakta. Namun, konstruksi citra buruk PDIP buruk cenderung terkonstruk karena pemberitaan tersebut termasuk dalam model bad news.

    Simpulannya adalah media online Detik.com menonjolkan fakta-fakta yang memang ditemukan pada kasus korupsi massal DPRD Kota Malang. Pemberitaan model bad news ini dapat mengonstruksikan citra yang buruk pada PDIP. Namun, terbukanya ruang tidak dimanfaatkan oleh PDIP untuk menunjukan iktikad baik melakukan permintaan maaf kepada masyarakat. Maka dari itu, konstruksi citra PDIP cenderung buruk pada pemberitaan ini meskipun pemberitaan Detik.com cenderung netral.

    Saran sebaiknya media online Detik.com tidak hanya menonjolkan satu pihak saja dalam sebuah berita yang dihasilkan. Lebih baik, jika terdapat dua belah pihak dari sisi pro dan kontra agar berita menjadi imbang. Seharusnya PDIP juga menjelaskan apa yang sudah dilakukan untuk pencegahan korupsi terjadi di partainya dan tentunya melakukan permintaan maaf kepada masyarakat dan konstituennya.

    Kata kunci : Media online, Pemberitaan, Analisis Framing, Konstruksi Citra, PDIP
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi