Detail Cantuman

Image of Penggunaan Media Promosi Pada Kegiatan Promosi Perpustakaan Bank Indonesia : Studi Kasus Mengenai Penggunaan Media Promosi pada Kegiatan Promosi Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat

Disertasi/Tesis/Skripsi  

Penggunaan Media Promosi Pada Kegiatan Promosi Perpustakaan Bank Indonesia : Studi Kasus Mengenai Penggunaan Media Promosi pada Kegiatan Promosi Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat


ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media promosi pada kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    KID1510021.733 21 ASR pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah - Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    021.733 211 ASR p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 131 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    021.733 211 ASR p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media promosi pada kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan minat kunjungan pemustaka. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui media promosi, konten media promosi, ilustrasi media promosi, penempatan media promosi serta keterjangkauan media promosi yang digunakan perpustakaan ini dalam melakukan promosi kepada pihak eksternal Bank Indonesia yang menjadi sasaran pemustakanya. Untuk mengukur tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan Model AIDDA. Peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggambarkan sejauhmana media promosi yang digunakan oleh Perpustakaan Bank Indonesia sebagai Perpustakaan Bank Sentral dalam mewujudkan kepeduliannya terhadap pendidikan dan literasi di Indonesia. Untuk memperoleh data yang diperlukan, teknik yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi lansung, wawancara, dokumentasi dan kajian pemustaka. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media promosi Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar jika dinilai berdasarkan oleh Model AIDDA (ukuran penilaian reaksi pengguna ketika menerima promosi atau kegiatan pemasaran), telah menggunakan media dan konten promosi yang sudah tepat dan bisa menarik atensi (attention)pemustaka. Namun dalam hal ilustrasi promosi, penempatan media promosi serta keterjangkauan promosi belum baik karena belum mampu meningkatkan minat (interest, desire, decision, and action) pemustaka. Hal ini disebabkan oleh perpustakaan ini belum menggunakan standar publikasi untuk hal ilustrasi, standar penempatan seperti keseimbangan proporsional atau kontras, serta standar evaluasi keterjangkauan media promosi oleh pengguna. Kata Kunci : Media Promosi, Promosi Perpustakaan, Bank Indonesia, Model AIDDA
    vABSTRACTThis study discussesaboutthe usingof promotional media in the promotional activities by Library of Bank Indonesia Representative Office of West Java Province in increasing user’s interestvisits. The purpose of this study is to find out about promotional media, information media contents,media illustrations, media placements and the affordability of promotional media used by this library in conductingpromotions to external parties of Bank Indonesia who are targeted by them based on the AIDDA Model. The researcher used a qualitative research methodology with a case study approach to describe how much promotional media used by the Libraryof Bank Indonesia as a Central Bank Library in realizing their concern for education and literacy in Indonesia. To obtain the required data, the techniques carried out by researchers are direct observation, interviews, study of documentation and user reviews. The results of this study explain that the media promotion library of KPw BI Prov. West Java if based on the AIDDA Model (a measure of the user's reaction when receiving a promotion or marketing activity), it has used appropriate media and promotional content and can attract user attention. But in terms of illustration promotion, the placement of promotional media and promotion affordability is not good because it has not been able to increase the interest (interest, desire, decision, and action) of users. This is due to the fact that this library does not yet use publication standards for illustration, placement standards such as proportional or contrast balance, and user evaluation media affordability evaluation standards.Keywords:Promotional Media, Library Promotion, Bank Indonesia, AIDDA Model
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi