Skripsi
Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisioleh Ibu Rumah Tangga : Studi Fenomenologi Pemaknaan Ibu Rumah Tangga di Jakarta terhadap Perempuan dalam Iklan Shopeeversi “Blackpink: Road to 12.12 Birthday Sale” di Televisi
ABSTRAK
Dhiyaa Sarfina. 210110150227. Skripsi. 2019. Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisi oleh Ibu Rumah Tangga (Studi ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1E0088 659.143 07 DHI p Perpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1E) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 659.143 07 DHI pPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2019 Deskripsi Fisik xii, 125 hlm. : Ilus. ; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 659.143 07 DHI pTipe Isi textTipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
ABSTRAK
Dhiyaa Sarfina. 210110150227. Skripsi. 2019. Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisi oleh Ibu Rumah Tangga (Studi Fenomenologi Pemaknaan Ibu Rumah Tangga di Jakarta terhadap Perempuan dalam Iklan Shopee versi Blackpink di Televisi). Dr. H. Aceng Abdullah, M.Si., selaku dosen pembimbing utama dan Rangga Saptya Mohamad P, S.I.Kom., M.I.Kom, selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Iklan Shopee Blackpink merupakan iklan produksi agensi Shopee dalam rangka perayaan menyambut “12.12 Birthday Sale” untuk mempromosikan Shopee dengan menggandeng Blackpink sebagai brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan ibu rumah tangga di Jakarta terhadap perempuan dalam iklan Shopee Blackpink dan implikasinya terhadap perilaku anak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teori interaksi simbolik George Herbert Mead. Objek Penelitian adalah Iklan Shopee versi “Blackpink: Road to 12.12 Birthday Sale” di Televisi. Subjek Penelitian adalah ibu rumah tangga di Jakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan tujuh orang informan berasal dari Jakarta.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ketujuh informan memiliki makna yang beragam: 1) Pemaknaan ibu rumah tangga di Jakarta terhadap iklan Shopee Blackpink dikategorikan dalam dua bentuk, yakni makna positif dan negatif. Pemaknaan ini tidak terlepas dari konsep seksisme dan sensualitas perempuan yang tampak dalam iklan, 2) Implikasi dari iklan tersebut sangat berpengaruh terhadap perilaku anak di bawah umur, yakni peniruan terhadap hal-hal yang negatif. Implikasi ini dilacak melalui proses pemaknaan ibu rumah tangga terhadap nilai edukatif yang terdapat dalam iklan Shopee Blackpink.
Kata Kunci: Makna, Iklan Shopee, Televisi, Ibu Rumah Tangga
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.