Detail Cantuman

Image of Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisioleh Ibu Rumah Tangga : Studi Fenomenologi Pemaknaan Ibu Rumah Tangga di Jakarta terhadap Perempuan dalam Iklan Shopeeversi “Blackpink: Road to 12.12 Birthday Sale” di Televisi

Skripsi  

Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisioleh Ibu Rumah Tangga : Studi Fenomenologi Pemaknaan Ibu Rumah Tangga di Jakarta terhadap Perempuan dalam Iklan Shopeeversi “Blackpink: Road to 12.12 Birthday Sale” di Televisi


ABSTRAK

Dhiyaa Sarfina. 210110150227. Skripsi. 2019. Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisi oleh Ibu Rumah Tangga (Studi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0088659.143 07 DHI pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1E)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    659.143 07 DHI p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 125 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    659.143 07 DHI p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Dhiyaa Sarfina. 210110150227. Skripsi. 2019. Pemaknaan Iklan Shopee Blackpink di Televisi oleh Ibu Rumah Tangga (Studi Fenomenologi Pemaknaan Ibu Rumah Tangga di Jakarta terhadap Perempuan dalam Iklan Shopee versi Blackpink di Televisi). Dr. H. Aceng Abdullah, M.Si., selaku dosen pembimbing utama dan Rangga Saptya Mohamad P, S.I.Kom., M.I.Kom, selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Iklan Shopee Blackpink merupakan iklan produksi agensi Shopee dalam rangka perayaan menyambut “12.12 Birthday Sale” untuk mempromosikan Shopee dengan menggandeng Blackpink sebagai brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan ibu rumah tangga di Jakarta terhadap perempuan dalam iklan Shopee Blackpink dan implikasinya terhadap perilaku anak.

    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teori interaksi simbolik George Herbert Mead. Objek Penelitian adalah Iklan Shopee versi “Blackpink: Road to 12.12 Birthday Sale” di Televisi. Subjek Penelitian adalah ibu rumah tangga di Jakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan tujuh orang informan berasal dari Jakarta.

    Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ketujuh informan memiliki makna yang beragam: 1) Pemaknaan ibu rumah tangga di Jakarta terhadap iklan Shopee Blackpink dikategorikan dalam dua bentuk, yakni makna positif dan negatif. Pemaknaan ini tidak terlepas dari konsep seksisme dan sensualitas perempuan yang tampak dalam iklan, 2) Implikasi dari iklan tersebut sangat berpengaruh terhadap perilaku anak di bawah umur, yakni peniruan terhadap hal-hal yang negatif. Implikasi ini dilacak melalui proses pemaknaan ibu rumah tangga terhadap nilai edukatif yang terdapat dalam iklan Shopee Blackpink.



    Kata Kunci: Makna, Iklan Shopee, Televisi, Ibu Rumah Tangga

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi