Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] STUDI KORELASI ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DENGAN EMPLOYABILITY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS PADJADJARAN


"ABSTRAK
Mahasiswa yang tidak siap kerja akan meningkatkan angka pengagguran di Indonesia. Pengangguran dapat diatasi dengan melihat kesiapan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19011020S3373S3373 Meg sPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3373 Meg s
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 139 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160017
    Klasifikasi
    S3373 Meg s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Mahasiswa yang tidak siap kerja akan meningkatkan angka pengagguran di Indonesia. Pengangguran dapat diatasi dengan melihat kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Banyak mahasiswa tingkat akhir merasa belum siap untuk menghadapi dunia kerja. Permasalahan tersebut dapat ditangani dengan meningkatkan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Dalam meningkatkan kesiapan kerja, terdapat penilaian mengenai potensi dan kemampuan diri untuk menghadapi tantangan kesiapan kerja. Penilaian tersebut disebut dengan psychological well-being. Psychological well-being menjadi aspek yang penting untuk meningkatkan employability pada mahasiswa tingkat akhir. Maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara psychological well-being dengan employability pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Padjadjaran.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan non-eksperimental dengan metode korelasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Universitas Padjadjaran sebanyak 515 orang yang terpilih melalui teknik proportionate quota sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah adaptasi dari Psychological Well-being Scale oleh Ryff (1995) dan Employability Questionnaire CareerEDGE Model oleh Pool dan Sewell (2007). Penelitian ini dilakukan di Universitas Padjadjaran dengan menggunakan kuisioner online melalui google form. Data diolah dengan menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological well-being dengan employability.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat akhir Universitas Padjadjaran mampu mengembangkan secara optimal kemampuan dan potensi yang dimilikinya sebagaimana berfungsi baik secara emosional, fisik, maupun psikologis dan mereka juga mampu untuk mempersiapkan diri dalam memilih serta mengamankan pekerjaannya. Temuan lainnya dalam penelitian ini adalah kemandirian dan kemampuan mengambil keputusan yang dimiliki mahasiswa tingkat akhir Universitas Padjadjaran belum cukup erat kaitannya dalam meningkatkan keterampilan-keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk pekerjaan nantinya.
    Kata Kunci : psychological well-being, employability, mahasiswa tingkat akhir Universitas Padjdjaran"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi