Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

(SKRIPSI) GAMBARAN KUALITAS HIDUP PADA CAREGIVER ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA YANG SEDANG MELAKUKAN RAWAT JALAN


"ABSTRAK
Gangguan jiwa adalah adanya suatu kelompok gejala atau perilaku yang dapat ditemukan secara klinis, yang disertai penderitaan dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3380S3380 Fir gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3380 Fir g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 116 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170083
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Gangguan jiwa adalah adanya suatu kelompok gejala atau perilaku yang dapat ditemukan secara klinis, yang disertai penderitaan dan berkaitan dengan terganggunya fungsi seseorang. Gangguan ini juga dapat memberikan dampak kepada caregiver yang bertanggung jawab dalam perawatan di luar fasilitas kesehatan. Dampak-dampak ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup baik fungsi fisik, psikologis, sosial dan lingkungan. Namun, situasi ini dapat dianggap sebagai sumber stress apabila dianggap menimbulkan resiko terhadap kesejahteraan atau kesehatan caregiver. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan kualitas hidup pada caregiver orang dengan gangguan jiwa yang sedang melakukan rawat jalan. Penelitian ini dilakukan di Poli Jiwa RSUD Tanjung Pura.
    Penelitian ini menggunakan metode campuran, secara spesifik disebut dengan convergent mixed methods design, yaitu antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan ini mengumpulkan kedua data dalam satu fase, kemudian membandingkan hasilnya sebagai pembahasan satu sama lain. Metode sampling yang digunakan adalah systematic sampling untuk kuantitatif (48 orang) dan convenience sampling untuk kualitatif (20 orang). Alat ukur yang digunakan adalah Adult Carers Quality of Life dan wawancara semi-terstruktur. ACQoL yang dikembangkan oleh Joseph et al. (2012) dan telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Ayudia (2019). Kuesioner terdiri dari 40 item yang diberikan kepada caregiver, sedangkan wawancara dilakukan kepada 20 orang dengan 4 pertanyaan terkait kualitas hidup. Data yang diperoleh diolah menggunakan deskriptif statistik, ANOVA, dan metode tematik coding. Hasil penelitian menunjukkan kualitas hidup pada caregiver orang dengan gangguan jiwa tergolong sedang (23,9%) dan tinggi (76,1%). Terdapat 6 dimensi berada pada kategori sedang yaitu; support for caring, money matters, personal growth, sense of value, ability to care, dan careers satisfaction; 2 dimensi dalam kategori tinggi—caring choice dan caring stress. Untuk uji beda yang dilakukan, tidak terdapat perbedaan signifikan kualitas hidup dengan karakteristik demografi—pendidikan, status pernikahan, pendapatan per bulan, dan durasi perawatan.
    Kata kunci: kualitas hidup, caregiver, gangguan jiwa, RSUD Tanjung Pura"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi