Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN MOTIVASI FUNGSIONAL TERHADAP JOB INVOLVEMENT MAHASISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN VOLUNTEER BIDANG PENDIDIKAN DI JATINANGOR


"ABSTRAK
Job involvement dalam menjalankan kegiatan sukarela sangatlah penting bagi komunitas dan juga anggotanya. Salah satu faktor yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3415S3415 Tys hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3415 Tys h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 121 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170111
    Klasifikasi
    S3415 Tys h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Job involvement dalam menjalankan kegiatan sukarela sangatlah penting bagi komunitas dan juga anggotanya. Salah satu faktor yang mempengaruhi job involvement adalah motif yang mendorong individu ingin melakukan pekerjaan tersebut. Menjadi sukarelawan pada kelompok sukarelawan dapat didasari dengan berbagai macam kebutuhan individu. Kebutuhan individu dapat menjadi motivasi untuk melakukan kegiatan sukarela yang dapat disebut sebagai motivasi fungsional. Motivasi fungsional adalah motivasi yang didasari oleh fungsi atau manfaat dari kegiatan sukarela. Hal itu dapat memunculkan motivasi yang berbeda-beda antar individu sesuai dengan tujuan yang ingin didapatkan dari kegiatan sukarela. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan setiap motivasi fungsional dengan job involvement.
    Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan metode korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel yaitu setiap jenis motivasi fungsional dengan job involvement. Penelitian ini dilakukan pada 59 mahasiswa yang merupakan sukarelawan bidang pendidikan di Jatinangor. Pengambilan data dilakukan secara online dengan metode snowball sampling. Kuesioner diberikan pada salah satu pengurus komunitas agar disampaikan pada anggota komunitas yang ada di Jatinangor. Penelitian ini menggunakan alat ukur Volunteer Function Inventory (Clary et al.,1998) dan Job Involvement Scale (Lodahl & Kejner,1965).
    Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara lima motivasi fungsional yaitu motivasi fungsional value, motivasi fungsional understanding, motivasi fungsional career, motivasi fungsional protective, dan motivasi fungsional enhancement dengan job involvement. Hubungan positif paling kuat terdapat antara motivasi fungsional career (r =0.538; p = 0.000), sementara untuk motivasi social tidak didapatkannya hubungan yang signifikan dengan variabel job involvement.
    Kata Kunci: Job Involvement, Motivasi Fungsional, VFI, Mahasiswa, Sukarelawan bidang pendidikan"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi