Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] PERAN MINDFULNESS TERHADAP STRES YANG DIMEDIASI OLEH SELF-EFFICACY PADA GURU DI KOTA BANDUNG Studi pada masa pandemi Covid-19"


"ABSTRAK
Sejak Covid-19 mulai menyebar di Indonesia, terjadi beberapa penyesuaian
pada sistem pembelajaran yang membuat adanya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042021T0761T0761 Rul pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0761 Rul p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 112 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420170012
    Klasifikasi
    T0761 Rul p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Sejak Covid-19 mulai menyebar di Indonesia, terjadi beberapa penyesuaian
    pada sistem pembelajaran yang membuat adanya peningkatan beban kerja, yang
    merupakan salah satu sumber stres pada guru. Mindfulness merupakan salah satu
    strategi yang sesuai untuk mengatasi stres pada guru. Efikasi diri juga memiliki peran
    dalam penanganan stres.
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika pengaruh dari mindfulness
    terhadap stres guru melalui teacher efficacy pada guru di kota Bandung yang
    melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Partisipan
    penelitian pada penelitian ini adalah 285 guru di Kota Bandung yang mengajar saat
    pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
    korelasional. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
    convenience sampling.
    Data pada penelitian ini didapat melalui adaptasi kuesioner Mindfulnes in
    Teaching Scale (MTS), kuesioner Teacher Stress Inventory – Revised, dan
    kuesioner Teacher Self Efficacy Scale – Short form. Kemudian data yang terkumpul
    diolah dengan JASP Software dan dianalisis dengan teknik mediasi.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi guru terbukti memediasi
    pengaruh mindfulness terhadap stres pada guru. Selain itu mindfulness juga dapat
    mempengaruhi tingkat stres guru. Pengujian lanjutan pada dimensi mindfulness
    menunjukkan bahwa dimensi intrapersonal dapat memengaruhi stres secara
    langsung, sedangkan dimensi interpersonal akan memengaruhi stres guru dengan
    adanya mediasi efikasi guru.
    Kata kunci: mindfulness, efikasi guru, stres, guru"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi