Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] "HUBUNGAN STRATEGI REGULASI EMOSI DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA SELAMA PJJ STUDI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNPAD"


"Engagement adalah hal yang penting dalam pembelajaran, namun

sayangnya selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mahasiswa menunjukkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3577S3577 Nis hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3577 Nis h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvii., 155 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160080
    Klasifikasi
    S3577 Nis h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Engagement adalah hal yang penting dalam pembelajaran, namun

    sayangnya selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mahasiswa menunjukkan ciri-
    ciri tidak engage. Peningkatan engagement bisa dilakukan dengan meningkatkan

    emosi positif. Emosi positif dapat diraih ketika mahasiswa melakukan strategi
    regulasi emosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan
    strategi regulasi emosi yang digunakan mahasiswa dengan tingkat engagement
    mereka dalam pembelajaran. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa
    aktif Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2017 – 2020 yang tengah melakukan
    pembelajaran jarak jauh (N=217). Responden ditentukan dengan secara acak
    dengan proses stratified random sampling. Terdapat beberapa alat ukur yang
    digunakan. Pertama adalah Emotional Regulation Questionnaire (ERQ) yang
    terdiri dari dua dimensi cognitive reappraisal (r = 0,782; Chi-Square X2 = 0,16)
    dan supression (r = 0,702;. Chi-Square X2 = 0,43). Kedua adalah Student
    Engagement Questionaire dari Bowen dengan dimensi emotional engagement
    engagement (r = 0,894; CFI = 0,90) dan cognitive engagement engagement (r =

    0,824; CFI = 0,99). Terakhir, alat ukur behavioral engagement (r = 0,707; Chi-
    Square X2 = 0,051) yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Hasil data dari

    responden kemudian diolah menggunakan uji korelasi Spearman.
    Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan
    antara cognitive reappraisal dengan behavioral engagement (r = 0,159) dan
    cognitive engagement (r = 0,355). Serta hubungan negatif yang signifikan antara
    supression dengan behavioral engagement (r = -0,152) dan emotional engagement
    (r = -0,215). Penggunaan cognitive reappraisal selama PJJ ditemukan lebih
    adaptif karena berhubungan positif dengan tingkat partisipasi, atensi, dan
    penggunaan stategi belajar. Sedangkan penggunaan supression memiliki hasil
    yang lebih tidak adaptif dimana ia berkaitan dengan peningkatan emosi negatif
    dan penurunan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Karena itu, baiknya
    dalam menghadapi emosi yang muncul selama PJJ, mahasiswa lebih dianjurkan
    untuk menggunakan strategi cognitive reappraisal.
    Kata kunci: regulasi emosi, student engagement, Pembelajaran Jarak Jauh"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi