Text
[SKRIPSI] "HUBUNGAN STRATEGI REGULASI EMOSI DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA SELAMA PJJ STUDI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNPAD"
"Engagement adalah hal yang penting dalam pembelajaran, namun
sayangnya selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mahasiswa menunjukkan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3577 S3577 Nis h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3577 Nis hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xvii., 155 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110160080Klasifikasi S3577 Nis hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab NISRINA NUR IZZAH -
"Engagement adalah hal yang penting dalam pembelajaran, namun
sayangnya selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mahasiswa menunjukkan ciri-
ciri tidak engage. Peningkatan engagement bisa dilakukan dengan meningkatkan
emosi positif. Emosi positif dapat diraih ketika mahasiswa melakukan strategi
regulasi emosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan
strategi regulasi emosi yang digunakan mahasiswa dengan tingkat engagement
mereka dalam pembelajaran. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa
aktif Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2017 – 2020 yang tengah melakukan
pembelajaran jarak jauh (N=217). Responden ditentukan dengan secara acak
dengan proses stratified random sampling. Terdapat beberapa alat ukur yang
digunakan. Pertama adalah Emotional Regulation Questionnaire (ERQ) yang
terdiri dari dua dimensi cognitive reappraisal (r = 0,782; Chi-Square X2 = 0,16)
dan supression (r = 0,702;. Chi-Square X2 = 0,43). Kedua adalah Student
Engagement Questionaire dari Bowen dengan dimensi emotional engagement
engagement (r = 0,894; CFI = 0,90) dan cognitive engagement engagement (r =
0,824; CFI = 0,99). Terakhir, alat ukur behavioral engagement (r = 0,707; Chi-
Square X2 = 0,051) yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Hasil data dari
responden kemudian diolah menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan
antara cognitive reappraisal dengan behavioral engagement (r = 0,159) dan
cognitive engagement (r = 0,355). Serta hubungan negatif yang signifikan antara
supression dengan behavioral engagement (r = -0,152) dan emotional engagement
(r = -0,215). Penggunaan cognitive reappraisal selama PJJ ditemukan lebih
adaptif karena berhubungan positif dengan tingkat partisipasi, atensi, dan
penggunaan stategi belajar. Sedangkan penggunaan supression memiliki hasil
yang lebih tidak adaptif dimana ia berkaitan dengan peningkatan emosi negatif
dan penurunan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Karena itu, baiknya
dalam menghadapi emosi yang muncul selama PJJ, mahasiswa lebih dianjurkan
untuk menggunakan strategi cognitive reappraisal.
Kata kunci: regulasi emosi, student engagement, Pembelajaran Jarak Jauh"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.